5 Eco Resort di Indonesia dengan Konsep Ramah Lingkungan | Sumbarpro

5 Eco Resort di Indonesia dengan Konsep Ramah Lingkungan

by Redaksi
A+A-
Reset
5 Eco Resort di Indonesia dengan Konsep Ramah Lingkungan

SumbarPro

Baru-baru ini resort bernama “Bawah Reserve” di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau berhasil masuk dalam daftar “Best Destinations for Sustainable Travel” versi majalah Vogue. Mengusung konsep eco resort, bukan hal mengejutkan jika Bawah Reserve masuk dalam daftar tersebut. Mengingat, penginapan ini tidak hanya menonjolkan keindahan alamnya saja, tapi juga mengusung konsep penginapan ramah lingkungan yang berfokus pada pariwisata berkelanjutan.

Berlokasi di kawasan dengan pemandangan alam yang masih sangat asri, mendorong Bawah Reserve terlibat langsung dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggunakan 18 tenaga surya terapung untuk menghasilkan sebagian besar energi di pulau tersebut. Selain itu, eco resort ini juga terus berupaya menggunakan produk segar sebagai bahan makanan, sekaligus memiliki tempat konservasi perlindungan penyu.

Namun, selain Bawah Reserve, masih banyak penginapan di Indonesia yang menerapkan konsep eco resort, serta mengusung dan mengutamakan pariwisata berkelanjutan agar ekosistem laut, hutan, maupun flora dan fauna di sekitarnya tetap terjaga dengan baik. 

Kira-kira, di mana saja lokasi resort-resort tersebut? Berikut rekomendasi eco resort terbaik di Indonesia yang menarik dikunjungi: 

Pulau Macan Eco Lodge, Kepulauan Seribu

Salah satu rekomendasi eco resort di Indonesia yang menarik dikunjungi ini berada di Jakarta, tepatnya Kepulauan Seribu, yakni Pulau Macan Eco Lodge. Sebagai penginapan dengan konsep ramah lingkungan, Pulau Macan Eco Lodge berupaya mengurangi jejak karbon. Salah satu cara yang dilakukan dengan memasang panel surya di seluruh area, sebagai pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan. 

Pulau Macan Eco Lodge juga terus mencari solusi hemat energi sebagai komitmen menerapkan pariwisata berkelanjutan. Seperti  tidak menyediakan fasilitas AC, membuat penampungan air hujan, hingga terus berupaya mengolah makanan organik. Tak hanya itu saja, penginapan ramah lingkungan di Kepulauan Seribu satu ini juga terus berupaya mengurangi penggunaan sampah plastik. Baik itu penggunaan sedotan plastik maupun air kemasan. 

Bambu Indah, Ubud, Bali

Selanjutnya Bambu Indah, sebuah eco resort di kawasan Ubud, Bali yang memberikan pengalaman menginap di tengah hutan terbuka dan selaras dengan alam. Jauh dari kesan seram, justru Pembaca akan merasakan ketenangan batin berkat suasana kamar yang seakan menyatu sempurna dengan alam sekitar. Baik itu di puncak pohon hingga di tepi sungai. 

Sebagai penginapan ramah lingkungan, Bambu Resort menyediakan perlengkapan mandi yang 100% organik, lingkungan bebas asap rokok, melakukan proses penyaringan air melalui sistem reverse osmosis, serta menjalankan praktik daur ulang limbah dari sisa makanan dan plastik.  

BACA JUGA: Menparekraf Tekankan Pentingnya Keterlibatan Swasta dalam Pengelolaan Air yang Berkelanjutan 

Foto: Penginapan yang menerapkan konsep eco resort di Batam (telunasresorts.com)

Telunas Resort, Batam

Tak hanya mewah, Telunas Resort turut masuk dalam daftar rekomendasi eco resort terbaik di Indonesia yang menarik dikunjungi. Saat tiba, Pembaca tidak hanya disambut dengan pemandangan laut berwarna biru jernih yang memanjakan mata saja. Tapi, juga akan dibuat kagum dengan konsep bangunan yang didominasi kayu dan mengusung konsep ramah lingkungan.

Berbagai macam upaya telah dilakukan oleh Telunas Resort dalam menjaga keberlangsungan lingkungan. Misalnya dengan berusaha meminimalkan penggunaan sampah plastik sekali pakai, pengolahan sampah organik menggunakan teknik pengomposan yang canggih, hingga memiliki hutan bakau seluas 70.000 meter persegi. 

Ditambah lagi eco resort ini juga memiliki tempat khusus untuk melindungi telur penyu yang terancam punah akibat serangan predator. Diperkirakan, sudah ada lebih dari 100 telur penyu yang berhasil ditetaskan dan dilepaskan ke lautan.

BACA JUGA: Pulau Nirup Jadi Prototipe Destinasi Hijau di Batam 

Amanwana, Pulau Moyo

Selanjutnya eco resort yang berada di Pulau Moyo, Amanwana. Tak hanya berkomitmen untuk menghilangkan penggunaan sekali pakai, Amanwana termasuk salah satu penginapan mewah di Indonesia yang memiliki pusat penyelaman dan cagar laut luar biasa indah. 

Satu upaya menarik yang dilakukan adalah menanam lebih banyak terumbu karang, serta mengedukasi penduduk sekitar untuk lebih bijak saat menangkap ikan. Hebatnya lagi, eco resort Amanwana juga berkomitmen mendukung pelestarian makhluk laut yang terancam punah. Satu caranya dengan menjaga sarang penyu sebagai program konservasi.

Misool Eco Resort, Raja Ampat

Berada di kawasan Timur Indonesia, Misool Eco Resort Raja Ampat pun turut masuk dalam daftar rekomendasi eco resort terbaik yang menarik dikunjungi. Tak sekadar menawarkan pemandangan indah, resort ramah lingkungan yang dikelilingi dengan terumbu karang ini memiliki kebijakan yang akan terus berupaya melindungi seluruh ekosistem laut.

Banyak upaya yang dilakukan Misool Eco Resort dalam mewujudkan konsep penginapan ramah lingkungan dan pariwisata berkelanjutan. Seperti mengolah air limbah, mendaur ulang limbah, menyediakan peralatan mandi yang bisa terurai secara hayati, menyediakan botol air minum yang bisa digunakan kembali, hingga menggunakan tenaga surya sebagai energi listrik. 

Jadi, tertarik menginap di eco resort yang mana, nih, Pembaca?

BACA JUGA: 7 Desa Wisata yang Mengusung Konsep Sustainable Tourism 

Cover: Penginapan Bawah Reserve yang berhasil mendapat dari majalah Vogue (bawahreserve.com)

(ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media