Antusias Tinggi, Pengunjung Berharap Festival Muaro Jadi Iven Tahunan

by Redaksi
A+A-
Reset

Padang- Helat Festival Muaro Padang telah usai. Bermacam kegiatan dan atraksi disuguhkan bagi pengunjung selama libur lebaran itu, 24-27 April 2023.

Pantauan Diskominfo Padang, tingginya antusias pengunjung selama perhelatan terlihat sejak pagi hingga petang. Pengunjung tampak mulai memadati kawasan Batang Arau untuk menyaksikan berbagai macam iven yang diselenggarakan oleh Pemko Padang.

Misra, seorang pengunjung dari Limau Manis mengungkapkan dirinya datang pada acara tersebut untuk melihat perlombaan selaju sampan dan kegiatan lainnya.

“Sudah lama rasanya tidak melihat selaju sampan. Saya tadi ikut menyemangati peserta dari tepi sungai,” ungkapnya.

Meski sempat diguyur hujan, namun tak menyurutkan semangatnya untuk menyaksikan acara tersebut.

“Banyak tadi yang saya kunjungi, menyaksikan selaju sampan, mengunjungi stand UMKM dan lainnya. Saya berharap iven ini bakal berlanjut,” harapnya.

Terpisah, Dian yang merupakan perantau dari Jambi mengatakan sangat antusias dengan berbagi macam kegiatan yang dihelat.

“Senang rasanya ketika balik kampung disajikan dengan berbagai macam acara oleh Pemko Padang,” terangnya.

Tak hanya itu, Dian mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang atas berbagai macam iven yang digelar.

“Rasanya seperti disambut oleh Pemko Padang dengan festival ini, berbagai macam kegiatan diadakan seperti tarian tradisional, makanan, UMKM, dan lainnya. Terobati diri ini rasanya ketika pulang,” katanya saat diwawancarai.

Menurutnya, sudah banyak yang berubah ketika mengunjungi Kawasan Batang Arau, termasuk kebersihan di kawasan itu.

“Itu artinya pemerintah benar-benar menyiapkan iven tersebut dengan matang untuk menyambut perantau,” katanya.

Diskominfo juga mewawancarai pengunjung yang berasal dari Indarung, Sinta Safitri bersama Nova yang mengaku bangga dengan festival ini. Dikatakannya, melalui iven ini dapat menyalurkan bakat generasi muda untuk menjaga warisan budaya.

“Di panggung utama saya saksikan berbagai macam atraksi dan tarian, itu artinya sebagai pengingat bagi generasi muda untuk menjaga dan melestarikan budaya. Selain itu saya juga menyaksikan festival selaju sampan, semua pengunjung juga antusias saat menyaksikannya,” kata Sinta, pengunjung yang berasal dari Indarung itu.

Mereka berharap agar Festival Muaro ini dapat berlanjut di masa yang datang.

“Terimakasih kepada Pemko Padang, dengan adanya festival ini dapat memajukan dan membangkitkan UMKM dan mengenalkan kembali budaya Minangkabau lewat Festival Muaro,” tutur Nova (MA / kom/*)



©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media