5 Aplikasi Membuat Desain Kartu Lebaran Online, Gratis!

by Redaksi
A+A-
Reset
5 Aplikasi Membuat Desain Kartu Lebaran Online, Gratis!

Sumbarpro

Banyak kegiatan produktif yang bisa dilakukan saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya dengan membuat desain kartu lebaran online, sehingga bisa dikirimkan kepada saudara maupun orang-orang terkasih dengan mudah dan cepat.

Tidak harus menjadi seorang desainer grafis profesional untuk bisa membuat desain kartu lebaran online.

Pasalnya, saat ini banyak website maupun aplikasi yang dapat membantu kita membuat desain kartu lebaran secara gratis dengan mudah.

Kira-kira, apa saja website dan aplikasi yang bisa digunakan membuat desain kartu lebaran secara gratis?

Canva

Canva masih menjadi salah satu aplikasi andalan untuk membuat berbagai desain dengan mudah. Mulai dari membuat logo, undangan, hingga desain kartu ucapan lebaran.

Daya tarik Canva adalah memiliki ratusan gambar, desain, template, elemen, dan font yang bisa digunakan secara gratis.

Untuk menggunakannya, tuliskan kata kunci “Lebaran” atau “Idulfitri” pada kolom pencarian, nantinya Canva akan memberikan rekomendasi ratusan desain kartu ucapan lebaran yang bisa digunakan secara gratis.

Agar lebih unik, kita hanya mengganti font, background, stiker sesuai keinginan. Jadi berbeda dengan lainnya, deh!

Kedua ada Greetings Island, yakni aplikasi membuat desain kartu lebaran online yang bisa digunakan dengan mudah saat ngabuburit.

Menariknya, aplikasi Greetings Island menyediakan ribuan template unik buatan profesional yang bisa digunakan secara gratis.

Penggunaannya juga sangat praktis, kita hanya perlu menuliskan keyword “Ramadan” untuk mendapatkan template kartu ucapan lebaran yang menarik.

Setelah itu, kita bisa menambahkan foto, mengubah warna, atau memilih font sesuai keinginan.

Punchbowl

Aplikasi desain kartu lebaran online ini tidak kalah menarik dipilih, Punchbowl, yang bisa kita unduh secara gratis di Android maupun iOs.

Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan kartu ucapan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, aplikasi Punchbowl memberi kesempatan penggunaannya untuk lebih bebas berkreasi.

Tak hanya bisa mengedit gambar dan tulisan, kita juga berkesempatan untuk menambahkan potongan video, agar kartu ucapan lebaran terlihat lebih interaktif.

PicsArt

Selain dikenal sebagai aplikasi edit foto, PicsArt turut menjadi salah satu aplikasi membuat desain kartu lebaran online yang cocok untuk pemula.

PicsArt menyediakan ratusan template kartu ucapan lebaran yang bisa digunakan secara gratis dan praktis.

Menariknya lagi, PicsArt dibekali dengan berbagai macam fitur dan efek kekinian yang bikin desain kartu ucapan lebaran terlihat lebih “hidup”.

Bahkan, kita bisa menambahkan banyak foto, frame, hingga teks sesuai keinginan.

Studio Polotno

Studio Polotno turut masuk dalam kategori penyedia template kartu ucapan lebaran yang bisa digunakan secara gratis.

Namun, sampai saat ini Studio Polotno belum memiliki versi aplikasi pada smartphone. Sehingga, hanya bisa digunakan di komputer, laptop, atau dengan membukanya di browser ponsel.

Meski gratis, Studio Polotno memiliki berbagai macam tools penting yang dapat mendukung kegiatan membuat kartu ucapan lebaran.

Mulai dari kumpulan quotes, elemen, foto, stiker, hingga berbagai macam template kekinian yang pastinya sangat menarik.

Tips Membuat Kartu Lebaran

Meski semua aplikasi tersebut menyediakan banyak template khas lebaran yang bisa digunakan secara gratis, kita tetap harus berpikir kreatif dan memerhatikan beberapa hal, agar menghasilkan kartu ucapan lebaran yang menarik dan berbeda dari lainnya.

Setidaknya, harus ditentukan bentuk desain kartu ucapan lebaran yang diinginkan.

Untuk menambahkan unsur yang “lebaran” banget, kita bisa menambahkan ornamen masjid dan ketupat, atau dengan memilih konsep desain yang didominasi warna hijau.

Tidak kalah penting, pemilihan font yang lebaran banget. Misalnya memilih font yang mirip dengan huruf-huruf Hijaiyah sebagai judul utama untuk menarik perhatian.

Namun paling penting, pastikan font mudah dibaca, agar kartu ucapan lebaran tetap terlihat elegan.

Nah, itulah beberapa aplikasi membuat desain kartu lebaran online, sekaligus tips menggunakannya. Langsung dicoba, yuk! (ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media