APN Bukik Batabuah, Dapur Umum dan Takjil Gratis Selama Ramadan

by Redaksi
A+A-
Reset
APN Bukik Batabuah, Dapur Umum dan Takjil Gratis Selama Ramadan

Agam, Sumbarpro – Aksi Peduli Nagari (APN) masyarakat Bukik Batabuah dirikan dapur umum dan berikan takjil gratis kepada masyarakat yang membutuhkan selama bulan suci ramadan.

Hal tersebut disampaikan Ketua APN, Joni Andriko saat kegiatan buka bersama di sekretariat APN di Jorong Gobah, Nagari Bukit Batabuah, Kecamatan Candung, Rabu (5/4/2023).

Dikatakannya, kegiatan tersebut sudah memasuki tahun ke dua yang diadakan setiap awal puasa sampai akhir bulan ramadan.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh masyarakat Nagari Bukit Batabuah, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu yang berada di nagari,” ujarnya.

Kegiatan dapur umum ini sambungnya, merupakan salah satu ide dari kelompok masyarakat yang bergerak di bidang sosial.

“Saat ini yang menjadi sumber dana dari dapur umum ini adalah sumbangan para perantau yang berasal dari Bukik Batabuah dan sudah terkumpul sebanyak kurang lebih 26 juta,”katanya.

Dijelaskannya, dari 4 jorong yang ada di Bukit Batabuah sebanyak 150 orang per jorong mendapatkan bantuan takjil gratis dan bantuan berupa lauk setiap harinya. Semuanya dimasak di dapur umum APN.

“Dengan jumlah penerima sebanyak 500 orang kriteria penerima sendiri dari anak yatim atau piatu, fakir miskin, disabilitas dan kaum lanjut usia”, tuturnya.

Joni Andriko juga menambahkan untuk pemberian takjil dilaksanakan setiap hari yang akan dijadwalkan berurutan dimulai dari Jorong gobah, kemudian Jorong Batabuah Koto Baru, Kubang Duo, dan Jorong Batang Silasiah.

“Kami berharap dengan kegiatan dapur umum bisa menggerakkan hati para donatur, untuk bisa menyokong aksi dapur umum karena sudah banyak yang terbantu dengan memberikan bantuan takjil gratis tersebut”, tutupnya.

Sementara itu Bupati Agam Dr H Andri Warman MM yang turut hadir pada kegiatan tersebut, mengapresiasi dan mendukung aksi yang dilakukan APN tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut berbanding lurus dengan dirinya yang juga merupakan pelaku sosial antara lain melalui Yayasan Koarsa atau ‘konco arek sahati’.

“Saya sangat mendukung sekali atas kegiatan yang telah dilakukan oleh APN ini mengingat kegiatan sosial seperti ini merupakan kegiatan yang sangat mulia dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Agam berharap agar kegiatan ini dapat menjadi tolak ukur dan barometer bagi lembaga-lembaga lainnya di Kabupaten Agam.

“Semoga akan semakin banyak kegiatan sosial seperti ini dan dihapkan melalui kegiatan sosial ini visi misi membangun Agam masyarakat yang sejahtera dapat kita wujudkan,” harapnya. (amc/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media