Awak Media Apresiasi Bimtek Jurnalistik oleh Diskominfotik Sumbar 

by Redaksi
A+A-
Reset
Awak Media Apresiasi Bimtek Jurnalistik oleh Diskominfotik Sumbar 

Padang, Sumbarpro – Dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), sebanyak 55 orang insan pers dari berbagai media di Sumbar, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Jurnalistik Awak Media Sumbar Tahun 2023, yang digelar oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar, di Sati Room Pangeran Beach Hotel, Padang, Selasa (28/3/2023). 

Kegiatan yang berlangsung hingga 30 Maret tersebut menghadirkan narasumber berkompeten para praktisi dan akademisi, diantaranya Ketua PWI Sumbar, Dr. Basril Basyar, Dr. Wakidul Kohar dan Prof. Awis Karni, dari UIN Imam Bonjol serta Prof. Asrinaldi dari Universitas Andalas.

Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi dalam sambutannya saat pembukaan menyampaikan arti penting kegiatan bimtek dalam rangka membangun profesionalisme seorang jurnalis.

“Independensi dan otonomi menjadi prasyarat penting bagi para jurnalis untuk meraih kebenaran jurnalistik. Loyalitas kepada warga mengindikasikan aspek penting kerja jurnalistik menyangkut pihak mana yang seharusnya mereka layani dalam derajat yang paling tinggi,” ujar gubernur.

Gubernur juga menyinggung soal sertifikasi wartawan. Gubernur berharap melalui sinergi Diskominfotik dengan organisasi wartawan, agar lebih banyak jurnalis Sumbar yang tersertifikasi.

Sebelumnya, Kadis Kominfotik Sumbar menyampaikan maksud dilaksanakannya Bimtek Jurnalistik untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang jurnalistik dalam rangka optimalisasi penyebaran informasi program, kegiatan, dan kebijakan pemerintah daerah

Pada hari pertama pelaksanaan Bimtek, tampil sebagai narasumber sesi pertama Ketua PWI Basril Basyar, dengan tema “Menjadi Sosok Insan Pers Yang Ideal”. Pada sesi kedua narasumber seoran praktisi sekaligus Ketua SMSI Padang Pariaman, Ikhlas Darma Murya, dengan tema “Undang-undang Pers dan Kebebasan Pers.”

Meskipun dilaksanakan saat bulan puasa, peserta bimtek yang merupakan jurnalis dari berbagai media di Sumbar tersebut antusias mengikuti bimtek dari pagi hingga masuk waktu berbuka puasa.

Dalam sesi diskusi, para peserta menyampaikan apresiasi diselenggarakannya bimtek jurnalistik yang bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan  pengetahuan serta keterampilan awak media di bidang jurnalistik. (ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media