Festival Budaya Seru di Karisma Event Nusantara Juni 2024 | Sumbarpro

Festival Budaya Seru di Karisma Event Nusantara Juni 2024

by Redaksi
A+A-
Reset
Festival Budaya Seru di Karisma Event Nusantara Juni 2024

SumbarPro

Berbagai event dan festival menarik seakan sudah mengantri untuk digelar secara bergantian di berbagai daerah di Indonesia. Dikemas dengan rangkaian acara yang menarik, festival-festival di berbagai daerah pun kerap menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan. Di bulan Juni ini saja, ada sekitar 16 event dan festival budaya dalam Karisma Event Nusantara 2024 yang siap digelar.

Setiap event dan festival budaya tersebut seakan memiliki daya tarik masing-masing sehingga dapat memberikan pengalaman liburan yang makin berkesan. Sebeb, secara tidak langsung, dengan datang ke suatu event atau festival budaya kita dapat merasakan kearifan lokal dari daerah yang kita datangi tersebut. Tak heran jika menggelar event dan festival menjadi salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke suatu daerah, sehingga dalam menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) lokal.

Bagi Pembaca yang berencana liburan dan merasakan langsung keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Berikut adalah rekomendasi event dan festival budaya dalam Karisma Event Nusantara di bulan Juni 2024:

Gawia Sowa

Menjadi satu-satunya festival budaya dari Kalimantan Barat yang masuk dalam Karisma Event Nusantara 2024, Gawia Sowa merupakan tradisi adat Dayak Bidayuh untuk mensyukuri hasil panen, kesehatan dan keamanan masyarakat kepada Yang Maha Kuasa (Jubata), serta roh leluhur yang diyakini bersemayam di gunung, hutan, dan lembah. 

Digelar pada 2-4 Juni 2024, Gawia Sowa adalah upaya melestarikan seni dan budaya leluhur suku Dayak Bidayuh yang bermukim di Desa Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang. Dalam festival budaya ini, menampilkan berbagai tarian tradisional sebagai penghibur para wisatawan. Salah satu rangkaian tersebut adalah prosesi Sigal Paad Sadih, yakni mempersembahkan sesaji kepada Jubata yang bersemayam di dalam rumah adat Boni Pangah Bipokat.

BACA JUGA: Mengenal Kota Singkawang, Kota Seribu Kelenteng 

Festival Teluk Jailolo

Salah satu event yang menarik untuk disaksikan langsung dalam kalender Karisma Event Nusantara Juni 2024 adalah Festival Teluk Jailolo. Akan digelar pada 5-8 Juni 2024, Festival Teluk Jailolo merupakan salah satu event promosi pariwisata dan budaya tahunan di Kabupaten Halmahera Barat. 

Mengusung tema “Culture for Future, Sustainable and Investment” Festival Teluk Jailolo berisikan berbagai ritual adat yang menyimpan banyak nilai budaya, seperti Ritual Sigofi Ngolo (Upacara Bersih Laut/Tolak Bala), Ritual Makan Adat Orom Sasadu, dan paling ikonik adalah pementasan tarian Sasadu On the Sea yang dilakukan para muda-mudi di malam puncak festival. Selain itu Festival Teluk Jailolo juga menampilkan lomba mancing tradisional, kompetisi eSport, dan kompetisi dayung.

Foto: Festival tahunan di Kota Bagansiapiapi, Festival Bakar Tongkang (Shutterstock/thomaschristiawan)

Festival Bakar Tongkang

Sebuah festival dalam bentuk perayaan budaya untuk menghormati kedatangan masyarakat Tionghoa ke Kota Bagansiapiapi pada 1820, sekaligus sebagai rasa syukur dan penghormatan kepada dewa laut atas hasil tangkapan ikan yang melimpah. Digelar di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, Festival Bakar Tongkang merupakan ritual pembakaran replika kapal besar yang sudah ditempelkan ribuan kertas doa. Nantinya, ketika kapal habis terbakar dan tiang kapal jatuh, maka dianggap sebagai petunjuk untuk mencari rezeki. 

Selain tradisi membakar tongkang, atraksi wisata lainnya dalam festival ini adalah Tan Ki. Atraksi akrobatik berupa menusukkan diri dengan pisau ataupun tombak tajam tanpa bekas luka, sekilas mirip tradisi Tatung di Singkawang. Untuk melihat langsung keseruan dari Festival Bakar Tongkang, Pembaca bisa mengunjungi Kota Bagansiapiapi pada 20-22 Juni 2024.

BACA JUGA: Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 

East Java Fashion Harmony

Rekomendasi event seru di bulan Juni 2024 selanjutnya ada di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Tulungagung, yakni East Java Fashion Harmony. Sebuah event fesyen yang menampilkan budaya wastra Jawa Timur, yang bertujuan untuk mengangkat dan memopulerkan wastra lokal, seperti Batik dan Tenun khas Jawa Timur.  

Tahun ini, East Java Fashion Harmony menampilkan karya-karya terbaik dari desainer lokal maupun nasional dengan tema “Rise of Reminiscence”, yakni menampilkan busana kebaya dan sarung ready to wear dari bahan Tenun Jawa Timur. Menariknya, event yang akan digelar pada 22 Juni 2024 ini akan menggelar fashion show di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), sehingga akan menampilkan perpaduan estetik antara subsektor fesyen dengan keindahan alam Indonesia.

Festival Nasional Reog Ponorogo

Bagi Pembaca yang senang menyaksikan seni pertunjukan jangan sampai kelewatan Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP). Festival yang masuk dalam Karisma Event Nusantara 2024 ini akan digelar dari tanggal 28 Juni hingga 7 Juli 2024 sebagai rangkaian Grebeg Suro di Kabupaten Ponorogo. Tahun ini, FNRP mengusung tema “Melalui Penyelenggaraan FNRP Mewujudkan Pembangunan Pariwisata yang Kreatif, Inovatif dan Kolaboratif Menuju Ponorogo Hebat”.

Sesuai namanya, daya tarik utama festival ini ada pertunjukan Reog Ponorogo yang sangat khas dengan topeng besar berbentuk kepala singa. Seni pertunjukan ini makin terlihat mewah dan megah karena dipentaskan langsung oleh beberapa komunitas seni reog yang ada di Kabupaten Ponorogo dan sekitarnya. Selain itu, akan juga ada pameran produk-produk ekonomi kreatif, serta 25 event pendukung yang terdiri kelompok keagamaan, seni budaya, hingga berbagai komunitas hobi.

BACA JUGA: Mengenal Berbagai Jenis Topeng dari Indonesia

Cover: Seni Pertunjukan Reog Ponogoro (Shutterstock/Bagas Bimantara)

(ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media