Gaya Hidup yang Sehat Membentuk Generasi Hebat

by Redaksi
A+A-
Reset
GAYA HIDUP YANG SEHAT MEMBENTUK GENERASI HEBAT

Sumbarpro

Masa depan ada di tangan generasi muda. Bagaimana kualitas generasi muda saat ini, itulah gambaran apa yang akan dialami pada beberapa tahun mendatang.

Oleh karena itu menjadikan generasi muda yang berkualitas adalah hal penting yang menjadi tanggung jawab bersama. Salah satunya dimulai dari lingkungan yang paling sederhana, yaitu keluarga.

Gaya hidup sehat tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi anak-anak remaja juga perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya kesehatan fisik, namun kesehatan mental dan emosional juga sangat penting. Diperlukan keseimbangan antara kedua aspek tersebut untuk membentuk generasi yang hebat.

Fisik yang bugar adalah dambaan setiap orang. Dengan usia yang masih muda dan stamina bagus membuat anak-anak usia remaja tidak mengabaikan kesehatan fisik. Padahal kebiasaan hidup yang tidak sehat akan berakibat kelak ketika usia makin merambat tua.

Penting untuk tetap memperhatikan hal-hal berikut: berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, menjaga kebersihan tubuh

Kesehatan mental dan emosional

Kondisi mental yang terganggu dapat berakibat pada kesehatan fisik. Oleh karenanya penting untuk menjaga kesehatan mental. Caranya adalah: mengelola stres dengan baik, menjaga hubungan sosial orangtua, teman, guru atau orang-orang lain di luar lingkungan rumah, tidak terlalu berambisi terhadap suatu hal.

Selain dari dua hal tersebut di atas, ada hal lain yang tidak kalah penting lho, yaitu menjaga perilaku. Di usia remaja yang termasuk dalam kategori usia transisi, umumnya mereka mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal yang ada di sekelilingnya.

Seperti misalnya: penggunaan obat terlarang, salah pergaulan. Di sini peran orangtua sangatlah penting untuk terus membangun komunikasi yang intens, sehingga perkembangan si anak remaja dapat terus terpantau

Tugas dan tanggung jawab orangtua untuk membentuk generasi hebat terasa berat apabila dilakukan sendiri. Untuk itu, perlu dikerjakan secara bergotong royong, bersama-sama menjalankannya antara orangtua dan anak itu sendiri.

Dukungan pihak lain seperti sekolah juga sangat membantu terbentuknya generasi muda yang kelak akan menjadi penerus bangsa. Sudah siapkah mencetak generasi penerus bangsa? *

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media