Hattrick, KASN Tiga Kali Beri Nilai Baik Penerapan Sistem Merit Kemenag

by Redaksi
A+A-
Reset
Hattrick, KASN Tiga Kali Beri Nilai Baik Penerapan Sistem Merit Kemenag

SumbarPro

Piagam penghargaan Anugerah Meritokrasi dari KASN

Jakarta (Kemenag) — Kementerian Agama mencetak ‘hattrick’ dalam Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Untuk kali ketiga secara berturut-turut, Kemenag mendapat nilai ‘Baik’ pada anugerah yang diberikan berdasarkan hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN.

Prestasi pertama diraih Kemenag pada 2021, dengan nilai ‘Baik’. Penilaian yang sama diberikan oleh KASN pada Anugerah Meritokrasi 2022.

“Alhamdulillah, Kemenag mencetak hattrick pada Anugerah Meritokrasi 2023. Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Kementerian Agama dinilai Baik oleh KASN,” terang Sekjen Kemenag, Nizar Ali, di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

“Hal ini tidak terlepas dari komitmen Gus Men Yaqut Cholil Qoumas dan jajaran pimpinan dalam mengawal proses reformasi birokrasi di Kemenag, termasuk melalui Pusat Penilaian Kompetensi ASN dan transformasi digital,” sambungnya.

Kepala Biro Kepegawaian Wawan Djuaedi menambahkan, sistem merit merupakan salah satu indikator kemajuan tata kelola birokrasi dan transformasi SDM Kemenag. Dalam UU No 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, pemerintah telah menetapkan sasaran reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan sebagai sebuah arah kebijakan dan strategi nasional. Salah satu indikatornya adalah persentase instansi pemerintah dengan indeks sistem merit dengan kategori baik dan sangat baik.

“Anugerah ini sekaligus menjadi indikator bahwa proses reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan di Kementerian Agama terus membaik,” jelasnya.

Dijelaskan Wawan Djunaedi, kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, secara adil dan wajar tanpa diskriminasi, menjadi pilar sistem merit di Kementerian Agama. “Penghargaan ini sekaligus menjadi peta jalan Kemenag untuk terus meningkatkan birokrasi berkelas dunia dengan mewujudkan smart ASN berbasis meritokrasi,” ujarnya.

“Kemenag terus berbenah. Gedung Pusat Penilaian Kompetensi Kementerian Agama yang diresmikan Gus Men pada akhir Desember 2022 telah dioptimalkan untuk pemetaan profil kompetensi ASN, sekaligus menjadi pusat terintegrasinya manajemen talenta pada Kementerian Agama,” tandasnya.

(ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media