IBU SEBAGAI PENENTU KESEHATAN KELUARGA

by Redaksi
A+A-
Reset
IBU SEBAGAI PENENTU KESEHATAN KELUARGA

Sumbarpro

Sebuah keluarga betul-betul disebut sehat apabila tiap anggota keluarganya sehat secara fisik, psikologis, dan sosial. Di sinilah seorang ibu dituntut untuk berperan lebih jauh, yakni sebagai penolong bagi sang kepala keluarga yang dalam kesehariannya lebih terfokus memenuhi kesejahteraan keluarga.

Meskipun kesejahteraan dan kesehatan keluarga adalah tanggung jawab bersama, tetapi tanpa mengesampingkan peran ayah, ibu memiliki porsi yang lebih besar dibandingkan ayah. Peran ibu untuk kesehatan anak sebenarnya dimulai sejak ia mulai mengandung hingga anak tumbuh dewasa. 

Peran ibu sebagai penyedia asupan yang sehat 

Tanpa makanan sehat dan kaya nutrisi yang diolah dengan baik, anak-anak tidak akan tumbuh dengan optimal dan kepala keluarga mungkin tidak dapat fokus bekerja.

Peran ibu sebagai dokter keluarga

Jika ada anggota keluarga yang sakit, ibu adalah orang pertama yang akan melakukan segala upaya sebagai pertolongan awal untuk meringankan keluhan yang dirasakan.

Peran ibu dalam pengasuhan anak

Ibu adalah seseorang yang membentuk gaya hidup anak. Bagaimana ia menjaga kebersihan, membiasakan berpola hidup sehat adalah hal yang tertanam sejak kecil. Perilaku yang baik akan menjadi contoh hingga anak kelak dewasa.

Peran ibu dalam tumbuh kembang anak 

Ibu berperan dalam memberikan stimulasi untuk perkembangan anak, mulai dari stimulasi motorik halus, motorik kasar, bahasa, dan sosialnya. Stimulasi yang diberikan secara konsisten dan tepat sesuai usianya, tentu akan mencapai potensi tumbuh kembang anak secara optimal.

Peran ibu dalam membentuk kepribadian anak

Mendidik anak tidak hanya melulu urusan akademis, tetapi ibu juga harus mampu mendidik anak memiliki kepribadian yang baik, kuat dan tidak mudah menyerah dalam berbagai situasi.

Mengingat peran ibu yang begitu penting dalam sebuah keluarga, maka kesehatan fisik dan mentalnya harus tetap dijaga. Jika ibu tidak dalam kondisi sehat, maka besar kemungkinan keluarga pun akan tidak terurus. Ibu pun harus pandai menjaga kesehatan fisik dan mentalnya sehingga selalu siap menjalankan peran pentingnya.

Selamat Hari Ibu untuk perempuan-perempuan hebat!

Sumber

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media