INI CARA MENURUNKAN DEMAM ANAK TANPA OBAT | Sumbarpro

INI CARA MENURUNKAN DEMAM ANAK TANPA OBAT

by Redaksi
A+A-
Reset
INI CARA MENURUNKAN DEMAM ANAK TANPA OBAT

Sumbarpro

Si kecil sedang demam? Kamu tidak perlu khawatir, sebab demam adalah reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih. Seseorang disebut demam jika suhu tubuhnya lebih dari 38℃. 

Suhu tubuh normal berkisar antara 36,1 ℃ sampai 37,2 ℃. Jika tubuh si kecil demam, mulai rewel, gelisah dan tidak nyaman, apa yang sebaiknya kamu lakukan? 

Belakangan ini, para orangtua sempat dibuat panik akibat kasus gagal ginjal yang dialami oleh banyak anak di Indonesia. Meski penyebabnya belum pasti, peredaran obat syrup sempat dilarang dan ini membuat para orangtua bingung bagaimana jika si kecil sakit, obat apa yang harus diminum.

Apa pertolongan pertama yang harus dilakukan jika si kecil demam?

1.Memperhatikan asupan cairan

Untuk bayi di bawah usia 1 tahun, ibu harus lebih rajin memberikan ASI atau susu formula yang dibutuhkan anak. ASI mengandung zat imun alami untuk anak. 

Pada anak di atas usia 1 tahun, orangtua harus sering menawarkan cairan ekstra untuk diminum seperti air putih, juice sari buah.

2.Memakai baju yang nyaman

Gunakan baju yang tipis dan nyaman. Hindari menggunakan baju tebal yang justru dapat meningkatkan suhu tubuhnya.

3.Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas anak. Mengutip Kementerian Kesehatan, kebutuhan tidur anak menurut usia adalah sebagai berikut: 

Usia 0-1 bulan: 14-18 jam setiap hari Usia 1-18 bulan: 12-14 jam setiap hari Usia 3-6 tahun: 11-13 jam setiap hari Usia 6-12 tahun: 10 jam setiap hari Usia 12-18 tahun: 8-9 jam setiap hari

4.Kompres

menggunakan waslap atau handuk kecil yang diberi dengan air hangat atau air dengan suhu normal. Jangan menggunakan air es.

Kapan harus konsultasi ke dokter? Jika demam disertai kejang, disertai keluarnya bintik-bintik merah di kulit, mimisan, atau buang air besar berwarna hitam dan gelap, demam di atas 38℃ selama 3 hari, segera berkonsultasi ke dokter agar si kecil lebih cepat mendapat penanganan yang tepat ya.

Sumber

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media