Ini Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

by Redaksi
A+A-
Reset
INI OLAHRAGA YANG BAIK UNTUK PENDERITA ASMA

Sumbarpro

Asma adalah suatu kelainan berupa peradangan kronik saluran napas yang menyebabkan penyempitan saluran napas sehingga menyebabkan gejala berulang berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat, dan batuk terutama pada malam atau dini hari.

Penyebab pastinya belum diketahui, namun para ahli meyakini bahwa faktor genetik dan lingkungan bisa menyebabkan asma, paling sering terjadi pada awal kehidupan. Faktor-faktor ini meliputi:

Kecenderungan untuk mengembangkan alergi, yang disebut atopi (AT-o-pe)Orangtua yang memiliki asmaInfeksi saluran pernapasan tertentu selama masa kanak-kanak (ISPA)Kontak dengan beberapa alergen udara atau paparan ke beberapa infeksi virus pada masa bayi atau pada anak-anak usia dini ketika sistem kekebalan tubuh berkembang

Adapun gejala yang dialami umumnya adalah: batuk berdahak, sesak napas, napas berbunyi (mengi). Asma biasanya hilang timbul dan berulang, memburuk di malam hari, dapat reda secara spontan dengan atau tanpa pengobatan. 

Asma akan kambuh jika ada faktor pencetus. Apa saja faktor pencetusnya?

Bulu binatang, obat semprot pembunuh seranggaAsap rokok, asap rumah tangga, bau-bauan yang menusukDebu pada bantal dan kasurTepung sari dan bunga/tumbuhanPerubahan cuacaKecapaian, kelelahanPsikologis/stresSakit fluMakanan/minuman tertentu : ikan laut, udang, kedelai, telur, susu, minuman bersoda.Obat-obatan tertentu : aspirin, antibiotik, steroid

Langkah penanganan asma pada umumnya disesuaikan dengan tingkat keparahan yang dialami dan seberapa sering gejala asma kambuh. Pemberian obat asma dan terapi oksigen adalah hal yang biasanya dilakukan untuk mengatasi asma.

Supaya asma tidak mudah kambuh bersihkan rumah dan kamar secara menyeluruh sehingga terhindar dari debu dan kotoran hewan peliharaan, gunakan obat alergi seperti yang dianjurkan oleh dokter dan jangan mengubah dosis tanpa sepengetahuan dokter, membiasakan mencuci tangan supaya terhindar dari risiko pilek. 

Penderita asma bisa memilih jenis olahraga yang berfokus pada peningkatan kapasitas paru-paru dan pengaturan pernapasan. Dengan cara ini, seseorang bisa tetap aktif tanpa terlalu membebani paru-paru. Olahraga yang pas untuk penderita asma adalah: yoga, jalan kaki, berenang, bersepeda santai, badminton.

Sumber

Berita Terkait

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media