Kanwil Kemenag Sumbar Dukung Penguatan dan Diseminasi Produk Halal oleh BPJPH

by Redaksi
A+A-
Reset
Kanwil Kemenag Sumbar Dukung Penguatan dan Diseminasi Produk Halal oleh BPJPH

Pariaman, Sumbarpro – Dalam rangka percepatan sertifikasi halal di Sumatera Barat maka kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan dan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat siap untuk menyukseskannya.

Hal ini diungkapkan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H Helmi saat membuka kegiatan penguatan kerjasama jaminan produk halal dan mitra strategis di Aula gedung Pusat Layani Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) kota Pariaman, Kamis (6/4/2023).

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat baik, Kementerian Agama Provinsi Sumbar akan mendukung penuh dan ini perlu didukung bersama sebab pelabelan sertifikasi halal itu sangatlah penting, ” ungkap H Helmi.

Lebih lanjut, Kakanwil berharap BPJPH terus melanjutkan programnya di Sumatera Barat sehingga masyarakat dan pelaku usaha akan mendapatkan edukasi dalam menyambut kewajiban sertifikasi halal.

Kakanwil menyebutkan percepatan dan kewajiban sertifikasi halal ini bukan saja amanat UU namun sosialisasi, edukasi penguatan sertifikasi ini juga riil kebutuhan pelaku usaha dan masyarakat.

“Selain sebagai pelaksanaan amanat Undang-undang, sosialisasi dan edukasi sertifikasi halal merupakan kebutuhan riil bagi pelaku usaha dan masyarakat di Sumatera Barat, ” ungkap Kakanwil.

Ikut hadir dalam kegiatan penguatan ini, Anggota Komisi VIII DPR RI H Jhon Kenedy Aziz, Analis Standar Halal BPJPH Reza Fadhil, Satgas Halal Provinsi Sumbar Ikrar Abdi.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ( BPJPH) bersama Komisi VIII DPR RI, LP3H/P3H, Satgas Halal Provinsi Sumbar, pelaku usaha UMK yang akan dilaksanakan pada 7 Kabupaten/ Kota se- Sumatera Barat.

Di Kota Pariaman ikut hadir pada kegiatan ini Plh. Kakankemenag Kota Pariaman Zahardi beserta pejabat dan jajarannya.

Di momen ini, tampak Pendamping Produk Halal (PPH) Kota Pariaman diberikan kesempatan untuk mengenalkan diri kepada peserta kegiatan penguatan kerja sama jaminan produk halal dan mitra strategis.

Masih di hari yang sama, Kamis (6/4/2023) kegiatan dilanjutkan di Kabupaten Padang Pariaman yakni terkait diseminasi standar jaminan produk halal dan hadir mengikuti Kepala Kankemenag H Syafrizal beserta pejabat dan jajarannya.

Ikrar Abdi selaku satgas Halal Provinsi Sumbar melaporkan bahwa kegiatan serupa bersama BPJPH dan anggota komisi VIII DPR RI ini akan dilaksanakan di tujuh kabupaten/ kota se- Sumatera Barat yang pada hari ini dilaksanakan di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Sedangkan lokasi dan jadwal lainnya, sebut Ikrar Abdi yaitu hari Jumat (7/4/2023) di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh, Sabtu (8/4/2023) di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Jadwal dan lokasi terakhir yakni Minggu (9/4/2023) di Lubuk Basung Kabupaten Agam. (ak/*)

Berita Terkait

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media