Kapolri: Contraflow dan Ganjil Genap Akan Dilakukan Agar Arus Balik Lancar | Sumbarpro

Kapolri: Contraflow dan Ganjil Genap Akan Dilakukan Agar Arus Balik Lancar

by Redaksi
A+A-
Reset
Kapolri: Contraflow dan Ganjil Genap Akan Dilakukan Agar Arus Balik Lancar

Jakarta,- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan melakukan sejumlah kebijakan rekayasa lalu lintas pada arus balik Lebaran 2023. Hal itu untuk mengurai agar arus balik lancar.

“Pemberlakuan langkah-langkah rekayasa mulai dari one way, contraflow, dan juga kemungkinan ganjil genap akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik ini bisa kita urai dan bisa kita distribusikan,” kata Kapolri dalam konferensi pers yang digelar virtual, Minggu (24/4/2023).

Menurut Kapolri, kepadatan di jalur arteri juga menjadi salah satu fokus saat menghadapi arus balik Lebaran. Kapolri mengatakan sejumlah strategi telah disiapkan untuk menghindari kepadatan lalu lintas di jalur arteri.

“Tentunya yang akan kita lakukan sedapat mungkin adalah bagaimana pada saat kita melaksanakan one way di jalur-jalur tol, hal-hal yang menghambat jalur arteri juga kita maksimalkan untuk kita lakukan pembersihan,” ujar Kapolri.

Kapolri mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan personel di jalur-jalur arteri. Penempatan personel itu bertujuan untuk mengatur lalu lintas sehingga kepadatan di jalur arteri bisa dikurangi.

Bagaimana titik-titik potensi rawan macet, rawan laka (kecelakaan), personel-personel Polri dan gabungan kita turunkan dalam jumlah besar sehingga baik yang di tol maupun di arteri semuanya bisa berjalan,” imbuh Kapolri.

Polri juga akan aktif menyampaikan informasi perihal dinamika kondisi lalu lintas saat arus balik Lebaran. Kapolri menyebut penyampaian informasi yang cepat ke publik itu diharapkan mampu membantu masyarakat untuk menyesuaikan keberangkatan dengan sistem kebijakan rekayasa lalu lintas yang disiapkan.

“Tentu kita akan berusaha melakukan sosialisasi secara cepat apabila ada perubahan-perubahan terkait jadwal one way yang memang sudah diumumkan,” tutur Kapolri.

“Karena memang akan ada potensi terjadinya perpanjangan one way karena melihat kondisi di jalan dan ini kita akan upayakan diinformasikan secepat mungkin sehingga para pengguna bisa terinformasi dari awal dan menyesuaikan dengan jadwal-jadwal yang akan kita sampaikan tersebut,” pungkas Kapolri.

(ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media