Kepala MAN 3 Padang Jadi Pembicara Talkshow Pesantren Ramadan di Padang FM | Sumbarpro

Kepala MAN 3 Padang Jadi Pembicara Talkshow Pesantren Ramadan di Padang FM

by Redaksi
A+A-
Reset
Kepala MAN 3 Padang Jadi Pembicara Talkshow Pesantren Ramadan di Padang FM

PADANG, Sumbarpro – Kepala MAN 3 Padang Afrizal, menjadi narasumber talkshow ‘Pengaruh Pesantren Ramadan terhadap Akhlak Siswa’, pada program Masaail Islamiyah di radio Padang FM, Kamis (9/3).

Dalam pemaparannya, Afrizal mengatakan, ada empat muatan dasar yang menjadi pembentuk akhlak pada Pesantren Ramadan, yaitu menjadi tarbiyah aqliyah (akal/pikiran), tarbiyah bathiniyah (tubuh), tarbiyah rohaniyah (rohani/ jiwa), dan tarbiyah wathoniyah (kebangsaan). “Kempatnya saling berkaitan dan tidak akan luput dari kehidupan setiap manusia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kekuatan akal selalu digunakan oleh setiap insan tanpa batas dan terkadang lupa dengan sisi humanisme, maka pada Pesantren Ramadan diajarkan memupuk rasa kasih sayang dan keterikatan dengan masyarakat dalam kehidupan sosial.

Demikian juga dengan tarbiaah bathiniyah (tubuh), pada Pesantren Ramadan diajarkan pada peserta agar tidak menggunakan tubuh dengan sembarangan, lalu tarbiyah rohaniyah mengajarkan tentang nikmat yang diberikan Allah SWT, serta tarbiyah wathoniah menimbulkan kesadaran akan persatuan dalam berbangsa.

pada acara itu, salah seorang pendengar radio, Mama Regan melalui sambungan telepon mengatakan, pesantren Ramadan dapat membentuk karakter anaknya karena banyak diisi dengan pembelajaran agama.

Pada sesi penutupan (closing) talkshow, Afrizal menekankan jika ilmu yang didapat selama Pesantren Ramadan ditertapkan dengan baik oleh siswa, maka akan terpelihara keamanan dan kenyamanan serta keserasian dalam kehidupan.

“Pesantren Ramadan adalah sarana pendidikan atau tarbiyah perubahan sikap menuju akhlakul karimah yang dapat menyejukkan kehidupan sosial kemasyarakatan,” pungkas Afrizal. (ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media