Keseringan Begadang Bisa Berujung Stroke, Mitos Atau Fakta?

by Redaksi
A+A-
Reset
KESERINGAN BEGADANG BISA BERUJUNG STROKE, MITOS ATAU FAKTA?

Sumbarpro

Apakah kamu termasuk orang yang lebih suka begadang daripada harus bangun pagi-pagi? Ternyata pola tidur seseorang berkaitan dengan ritme sirkadian yaitu merupakan jam internal yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh. Kapan waktunya kita bangun dan tidur pun juga diatur oleh ritme sirkadian. Ritme ini bekerja sama dengan otak dan dipengaruhi langsung oleh isyarat lingkungan, terutama cahaya.

Terlalu sering bekerja atau begadang hingga larut malam adalah salah satu penyebab ritme sirkadian tubuh terganggu, akibatnya fungsi tubuh dan metabolisme terganggu. Orang dewasa membutuhkan 7 – 9 jam tidur setiap harinya. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan menghasilkan energi serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Tidur juga berperan penting untuk memperbaiki kondisi fisik dan mental.

Bagi orang yang suka begadang, selain mudah mengantuk dan lelah ketika bekerja juga berpengaruh pada kondisi emosi dan psikologisnya. Tidak hanya itu, mereka juga berisiko terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung .

Tidak hanya orang berusia di atas 30 tahun lho yang bisa terkena stroke, bahkan beberapa waktu lalu seorang perempuan berusia 21 tahun terkena stroke akibat kebiasaanya yang suka begadang.

Jika kamu termasuk orang yang belum tertib mengatur pola tidur, yuk mulai diubah!

Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya

Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Meredupkan atau mematikan lampu tidur, mematikan TV, menggunakan aromatheraphy

Tidak makan menjelang tidur

Beri jeda 2–3 jam antara waktu makan dengan waktu tidur agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi

Olahraga bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak karena kebiasaan ini bisa meningkatkan produksi hormon melatonin.

Merubah kebiasaan yang telah lama dilakukan memang bukan hal yang mudah. Tetapi dengan berusaha untuk mencoba secara konsisten, dengan berjalannya waktu kebiasaan tidurmu akan kembali ke jam normal. Selamat mencoba ya!

Sumber

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media