Kisah Desain Galaxy S23 Series: Ciptakan Hal-hal yang Esensial | Sumbarpro

Kisah Desain Galaxy S23 Series: Ciptakan Hal-hal yang Esensial

by Redaksi
A+A-
Reset

Samsung Galaxy S23 Series menghadirkan pengalaman smartphone premium yang sadar lingkungan bagi para penggunanya. Dengan menghilangkan elemen yang tidak perlu dan memprioritaskan kualitas, Galaxy S23 Series mewujudkan nilai-nilai yang juga dipegang teguh oleh Samsung, seperti sirkulasi sumber daya untuk masa depan yang lebih baik bagi semua.

 

Berikut wawancara dengan beberapa desainer Galaxy S23 Series tentang kisah di balik desain produk flagship terbaru ini.

 

 

 

Desain Premium Dengan Fokus Sadar Lingkungan

 

 

Q. Silakan perkenalkan tema desain Galaxy S23 Series, “Ciptakan Hal-hal Esensial”

 

Fokus kami adalah menciptakan desain yang mewujudkan esensi smartphone. Sumber daya dapat terbuang selama proses produksi jika memasukkan terlalu banyak detail yang tidak perlu, jadi kami memutuskan untuk hanya mempertahankan fitur desain paling esensial, sesuai identitas perangkat yang sesungguhnya, sebagai basis desain Galaxy S23 Series.

 

 

Q: Bagaimana tema ini selaras dengan arah umum pendekatan desain Samsung Galaxy?

 

Samsung Galaxy S series adalah jajaran produk yang dibangun di atas esensi sejati dari suatu desain premium. Untuk Galaxy S23 Series, kami sungguh-sungguh mempertimbangkan secara ekstensif elemen apa yang tidak hanya menghasilkan desain yang hebat, tetapi juga bagaimana elemen tersebut akan berdampak pada dunia. Karena kita hidup di masa di mana sirkulasi sumber daya dan aktivitas sadar lingkungan berada di garis depan kehidupan sehari-hari, kami juga merasa bahwa para desainer harus merefleksikan nilai-nilai ini dalam desain mereka saat dunia menggeser prioritasnya ke arah kesadaran lingkungan. Pendekatan desain kami secara aktif menggunakan ide-ide ini dengan membuat keputusan desain yang berani dan menggunakan ide-ide yang berpijak pada masa depan.

 

 

Q: Apa tujuan tim desain Galaxy terkait dengan desain yang menghormati manusia dan juga planet ini?

 

Pendekatan kami dapat diringkas dalam bentuk lima tujuan. Pertama, kami bertujuan untuk “menciptakan esensi” melalui desain kami demi kepuasan pengguna. Kedua, kami ingin “menciptakan sirkularitas” untuk meningkatkan upaya sirkulasi sumber daya di seluruh siklus hidup produk mulai dari manufaktur hingga penggunaan dan pembuangan. Ketiga, kami bercita-cita untuk “menciptakan standarisasi” untuk menyederhanakan desain kami dan kemudian mengurangi pemborosan sumber daya dan biaya produksi. Keempat, untuk “menciptakan umur panjang” untuk produk kami dengan memperpanjang siklus hidupnya dan membuat desain yang mudah diperbaiki. Terakhir, kami bertujuan untuk “menciptakan transparansi” melalui komunikasi yang jelas tentang metrik proses desain kami dengan fokus pada kegiatan yang sadar lingkungan. Semua desainer Samsung Galaxy dipandu oleh lima tujuan ini.

 

 

Q: Dapatkah Anda berbagi lebih banyak tentang bagaimana tim desain menindaklanjuti tujuan-tujuan ini?

 

Semua proyek yang kami kerjakan mempertimbangkan visi jangka panjang, bukan hasil jangka pendek, dan kami berkolaborasi erat dengan tim pencari material untuk memastikan desain kami memasukkan bahan daur ulang. Kami juga membagikan strategi dan rencana desain kami dengan berbagai pemangku kepentingan internal untuk lebih menghidupkan setiap proyek dengan ide dan perspektif yang berbeda. Kami memastikan untuk merefleksikan semua umpan balik yang kami terima untuk memprioritaskan sisi sadar lingkungan saat mendesain.

 

 

Q: Seberapa pentingkah bekerja dengan misi yang otentik semacam itu bagi tim ini?

 

Kita hidup di dunia di mana berbagi informasi tidak memiliki batas, sehingga inisiatif sementara atau jangka pendek menjadi tidak berarti. Kami mengambil kesempatan untuk memikirkan dengan hati-hati tentang nilai-nilai dan upaya yang diperlukan untuk mencapai visi kami, serta cara terbaik untuk mengkomunikasikan pendekatan kami secara transparan. Misi ini memotivasi kami sebagai desainer, dan pada saatnya nanti, kami percaya bahwa konsumen kami juga akan memahami dan menghargai tekad kami.

 

 

Identitas Samsung Galaxy

 

 

Q: Dapatkah Anda menceritakan lebih lanjut tentang dua desain yang berbeda, berdasarkan target audiens, yang Anda kembangkan untuk Galaxy S23 Series?

 

Galaxy S23 dan S23+ memiliki bezel tipis yang ramping dan seimbang di semua sisi sehingga pengguna dapat lebih fokus pada layar mereka, sementara bingkai logam melengkung melindungi layar dan memberikan genggaman yang nyaman bagi pengguna. Untuk Galaxy S23 Ultra, kami mengurangi tepi samping dan memperluas permukaan datar perangkat lebih jauh lagi, tidak hanya untuk memberikan genggaman yang lebih baik, tetapi juga untuk memberikan lebih banyak ruang di mana S Pen dapat digunakan dan pada akhirnya memaksimalkan manfaat layar besar bagi pengguna.

 

Fokus kami ketika mendesain adalah menyampaikan identitas desain yang konsisten di ketiga perangkat melalui desain garis dan bidang sederhana yang menghilangkan semua elemen yang tidak perlu. Bahkan elemen yang lebih halus, seperti tombol samping, celah antena, lubang speaker dan lubang mikrofon, ukuran dan tata letaknya disesuaikan secara cermat agar sesuai dengan hal ini. Selain itu, desain camera contour cut yang terlihat pada Galaxy S22 dan S22+ telah dihilangkan, dan semua model Galaxy S23 sekarang dilengkapi dengan desain kamera tunggal untuk memberikan konsistensi yang lebih baik di seluruh jajaran produk.

 

 

 

Q: Apakah Anda setuju bahwa desain kamera Galaxy S23 Series yang mudah dikenali, sama menonjolnya dengan performanya?

 

Karena banyak smartphone yang saat ini beredar di pasaran memiliki bentuk yang serupa, desain kamera pada perangkat telah menjadi cara yang ampuh untuk membedakan produk dan mengekspresikan identitas merek. Inilah sebabnya mengapa tata letak kamera Samsung Galaxy S series tetap sama sejak Galaxy S21 Series untuk menegaskan identitas desain yang unik.

 

Bagian luar kamera terbuat dari logam glossy, sedangkan bagian dalam telah diproses dengan garis-garis halus untuk menyampaikan performa kamera yang dahsyat. Desain elemen bagian dalam kamera, termasuk bentuk, tekstur dan warna, terinspirasi dari lensa kamera tradisional yang meminimalkan pantulan cahaya.

 

 

Warna-warna Masa Depan, Terinspirasi dari Alam

 

 

Q: Dapatkah Anda memperkenalkan warna utama dari Galaxy S23 Series?

 

Beberapa komponen seri Galaxy S23 dibuat menggunakan bahan daur ulang1 untuk berkontribusi pada sirkulasi sumber daya, sehingga untuk lebih mencerminkan ide perlindungan lingkungan ini, Galaxy S23 Series hadir dalam empat warna yang didasarkan pada konsep “warna-warna alam”. Green mengingatkan kita pada hutan yang tenang, sementara Phantom Black mencerminkan kekuatan alam yang sunyi, dan warna Cream yang cerah hangat untuk dilihat, sementara Lavender menangkap sifat energik kehidupan sehari-hari.

 

 

Empat warna tambahan yang kami kembangkan dalam konsep “warna-warna dalam impian” – Lime, Skyblue, Red dan Graphite2 – akan tersedia secara eksklusif untuk pembelian secara online. Kami ingin memberikan pilihan warna yang ceria dan futuristik kepada para konsumen online, yang menyampaikan kecerahan warnanya, bahkan ketika hanya dilihat di layar. Warna Lime, tambahan baru pada jajaran warna Samsung Galaxy, telah dirancang untuk menjadi warna yang hidup dan menawan, dan kami berharap pengguna kami akan menikmati tambahan baru pada jajaran warna Samsung Galaxy ini.

 

 

Q: Dapatkah Anda menjelaskan lebih lanjut tentang bahan daur ulang yang digunakan pada bagian kaca panel belakang Galaxy S23 Series3?

 

Bahan daur ulang yang terbuat dari botol plastik cenderung memiliki warna kekuningan, jadi kami awalnya khawatir pewarnaannya akan menjadi terlalu gelap. Namun demikian, setelah kami memproses bahannya, kami terkejut mendapati bahwa bahan daur ulang ini justru membantu menciptakan tampilan yang lebih alami dan organik untuk warna Cream.

 

 

Didesain dengan Mempertimbangkan Bumi

 

 

Q: Dapatkah Anda berbagi lebih lanjut tentang penambahan bahan daur ulang dalam pengembangan Galaxy S23 Series?

 

Panel kaca depan dan belakang Galaxy S23 Series mengandung rata-rata 22% konten daur ulang pra-konsumen, dan film yang berada di dalam panel kaca belakang menggunakan 80% plastik daur ulang yang bersumber dari botol plastik bekas. Selain itu, komponen bagian dalam Galaxy S23 Ultra, termasuk penutup S Pen dan modul speaker bagian bawah, dibuat dengan menggunakan plastik daur ulang yang berasal dari jala ikan dan botol plastik yang terbengkalai di laut, dan produk sampingan aluminium dari proses pembuatannya digunakan untuk sisi samping dan tombol volume S23 Ultra.

 

Selain itu, kotak kemasan terbuat dari 100% kertas daur ulang dan aksesori penutupnya juga mengandung beberapa bahan daur ulang atau bahan yang dapat terurai secara hayati, yang berarti bahwa semua aspek desain Galaxy S23 Series mencerminkan komitmen kami terhadap sirkulasi sumber daya.

 

 

Q: Upaya apa saja yang telah dilakukan untuk menciptakan desain kemasan yang lebih sadar lingkungan selama ini?

 

Kami mulai mengurangi penggunaan plastik dalam desain kemasan kami pada tahun 2018. Ketika kami pertama kali memulai, kami memiliki empat belas bagian kemasan yang berbeda dalam satu kemasan, dan sekarang untuk Galaxy S23 Series, kami telah melangkah jauh untuk memastikan bahwa hanya ada enam bagian kemasan4 yang disertakan. Kami juga memastikan untuk memanfaatkan bahan kertas daur ulang saat membuat kotak kemasan itu sendiri, dan meskipun bahan kertas yang terbuat dari 100% pulp daur ulang dapat berdebu dan lebih lemah daripada kertas biasa, kami melakukan penelitian ekstensif, menyesuaikan proses pembuatan dan melalui tes verifikasi kualitas yang tak terhitung jumlahnya untuk menemukan komposisi yang sempurna untuk digunakan dalam kemasan produk kami.

 

 

Q: Bidang apa yang akan Anda fokuskan untuk desain kemasan di masa mendatang?

 

Kami akan terus berfokus pada pembuatan kemasan berkualitas tinggi yang menggunakan bahan kertas daur ulang. Tujuan kami adalah untuk menciptakan bahan kertas kami sendiri yang terbuat dari pulp yang kami kembangkan sendiri, serta menerima pengakuan atas desain kami yang sadar lingkungan.

 

 

Samsung berkomitmen untuk mengejar inovasi yang tidak menyia-nyiakan sumber daya planet ini dan menggunakan kembali bahan yang terbengkalai untuk memberikan mereka kehidupan kedua, sehingga memberikan pengguna nilai yang bermakna. Samsung Galaxy S Series akan terus menjembatani kesenjangan antara kegunaan dan kesadaran lingkungan melalui pilihan desain masa depan.

 

 

* Gambar yang ditampilkan hanya untuk tujuan ilustrasi dan mungkin berbeda dari produk yang sebenarnya. Spesifikasi produk dapat berbeda menurut negara, wilayah, model, dan operator.

 

1 Panel kaca depan dan belakang mengandung rata-rata 22% konten daur ulang pra-konsumen, dan film yang masuk ke dalam panel kaca belakang menggabungkan 80% sumber plastik daur ulang dari botol plastik bekas.
2 Warna Lime, Skyblue, Red, dan Graphite tersedia untuk dibeli di samsung.com. Spesifikasi produk, jadwal rilis, dan ketersediaan dapat berbeda di setiap wilayah, negara, model, dan operator.
3 Film yang masuk ke dalam panel kaca belakang menggunakan 80% plastik daur ulang yang bersumber dari botol plastik bekas.
4 Enam bagian yang disertakan adalah kotak kemasan, kotak manual, baki pulpy, pelindung depan, pelindung penutup belakang dan pita kabel data link.

(ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media