Lima Siswa MAN 1 Padang Terima Zakat dari UPZ Kanwil Kemenag Sumbar

by Redaksi
A+A-
Reset
Lima Siswa MAN 1 Padang Terima Zakat dari UPZ Kanwil Kemenag Sumbar

3

PADANG, Sumbarpro – Lima siswa MAN 1 Kota Padang menerima zakat dari Unit Pengelola Zakat (UPZ) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumbar, Selasa (11/4). Zakat tersebut diserahkan langsung Kakanwil Kemenag Sumbar Helmi, pada peringatan Nuzul Al-Quran dan penyerahan hadiah perlombaan yang diadakan beberapa waktu lalu.

Sekretaris UPZ Kanwil Kemenag Sumbar Muhammad Rifki mengatakan, zakat itu berasal dari ASN guru dan pegawai di jajaran Kanwil Kemenag Sumbar.

“Pembagian zakat ini adalah yang pertama pada tahun 2023. Dana zakat ini dikumpulkan dari bulan Januari sampai Maret dan dibagikan pada bulan April. Dana zakat ini dibagikan tiga kali setahun kepada yang berhak yang menerimanya,” ujarnya.

Ia menambahkan, penerima zakat adalah masyarakat yang masuk kategori asnaf yang delapan, dilengkapi dengan surat keterangan tidak mampu dan surat keterangan aktif di masjid.

“Sedangkan yang berasal dari siswa, harus ada surat keterangan dari madrasah tempat dia belajar,” tuturnya.

Rifki mengharapkan agar siswa penerima zakat semakin rajin belajar dan aktif pada kegiatan keagamaan di madrasah. Ia juga berharap ada peningkatan jumlah muzakki yang menyalurkan zakatnya di UPZ Kanwil Kemenag Sumbar.

Salah seorang penerima zakat, Revaldi mengaku sangat bergembira dan bersyukur mendapatkan dana zakat itu. Ia akan menggunakannya untuk keperluan pendidikan dan kebutuhan lebaran Idul Fitri yang sudah dekat. (ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media