MAN 3 Padang Buka Penerimaan Siswa Baru 2023-2024 dengan Program Unggulan Kelas Takhassus

by Redaksi
A+A-
Reset

Kepala MAN 3 Padang, Afrizal.

Padang, Sumbarpro – MAN 3 Padang Plus Keterampilan segera membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2023-2024. Penerimaan siswa baru dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan reguler. Tahun ini, MAN 3 Padang kembali menawarkan program unggulan kelas takhassus.

Kepala MAN 3 Padang Afrizal mengatakan, pendaftaran PPDB dibuka mulai Senin (8/5/2023) hingga 11 Mei 2023. Dijelaskannya, jalur prestasi terbuka untuk siswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik yang menonjol, seperti juara dalam berbagai kompetisi akademik, seni, olahraga, dan lain-lain.

“Para calon siswa yang memiliki prestasi gemilang di bidang akademik, olahraga, seni, atau bidang lainnya akan mendapatkan poin tambahan dalam proses seleksi. Hal ini memberikan kesempatan lebih besar bagi mereka yang memiliki bakat dan potensi tinggi untuk bergabung di MAN 3 Padang,” kata Afrizal, Jumat (5/5/2023).

Sedangkan jalur reguler merupakan jalur penerimaan siswa baru yang tidak mempertimbangkan prestasi khusus, melainkan berdasarkan hasil ujian seleksi yang dilakukan pihak madrasah. Calon siswa di jalur reguler akan mengikuti tes tulis dan wawancara, yang akan menilai kemampuan akademik, keterampilan sosial, dan potensi siswa untuk berkontribusi dalam proses pembelajaran di madrasah nantinya.

Ia menambahkan, pada tahun ini MAN 3 Padang kembali menawarkan program unggulan kelas takhassus bagi siswa baru. Program ini dirancang untuk membantu siswa dalam menembus kelulusan di sekolah kedinasan seperti Akmil, Akpol, IPDN, STAN, dan lainnya serta perguruan tinggi favorit di Indonesia.

“Kelas takhassus adalah program unggulan kami di MAN 3 Padang yang telah berlangsung dalam enam angkatan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 silam. Kami ingin memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki minat dan bakat khusus untuk lebih berkembang dan mengejar impian dan cita-cita mereka, baik untuk menjadi abdi negara maupun kuliah di PTN favorit,” kata Afrizal.

Dijelaskannya, pada kelas takhassus ini, para siswa diwajibkan hafal 2 juz Al Quran setiap semester. Namun untuk masuk dalam kelas takahasus ini, calon siswa harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti potensi akademik serta kemampuan fisik dan mental. Nantinya, siswa yang lulus di kelas takahasus akan mendapatkan fasilitas bebas biaya pendidikan hingga tamat.

“Tentunya bagi siswa thakassus harus belajar dengan tekun karena bagi yang tidak ada peningkatan atau malah penurunan dalam belajar akan dikeluarkan dari kelas takhassus dan dikembalikan ke lokal reguler. Maka itu, diharapkan siswa takhassus harus lebih giat belajar untuk bisa tetap berada di kelas tersebut,” harapnya.

Penerimaan siswa baru di MAN 3 Padang dibuka 8-11 Mei 2023, dilanjutkan tes baca tulis Alquran 12 Mei, pengumuman kelulusan 13 Mei, dan pendaftaran ulang pada 15-16 Mei.

Calon siswa dapat mendaftar melalui jalur prestasi atau reguler dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Bagi siswa yang tertarik dengan program unggulan kelas takhassus, dapat menghubungi pihak madrasah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sekadar informasi, MAN 3 Padang merupakan salah satu madrasah aliyah terbaik di Kota Padang. Madrasah ini telah memiliki reputasi yang baik dalam menghasilkan lulusan berkualitas dan berprestasi di berbagai bidang dan telah ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai salah satu madrasah keterampilan. (ak)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media