Masjid Al-Hikmah Gelar Lomba Tahfiz, Bupati: Lahirkan Penghafal Al-Quran

by Redaksi
A+A-
Reset
Masjid Al-Hikmah Gelar Lomba Tahfiz, Bupati: Lahirkan Penghafal Al-Quran

Lubuk Basung, Sumbarpro – Bupati Agam Dr H Andri Warman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Agam selalu gencar dalam meningkatkan SDM, baik di bidang agama, budaya dan pendidikan. 

“Ini kita lakukan untuk mencetak pemimpin-pemimpin yang cerdas dan bijaksana. Sehingga kelak dapat membantu membangun Kabupaten Agam menjadi lebih maju dan madani,” kata Andri Warman MM saat membuka lomba tahfiz SD dan SMP tingkat Kabupaten Agam 2023 di Masjid Al-Hikmah Simpang Tigo Lubuk Basung, Sabtu (15/4).

Bupati Agam berharap melalui kegiatan ini generasi penghafal Al-Qur’an di Kabupaten Agam akan semakin bertambah.

“Ayo kita kembangkan program Tahfiz Al-Qur’an ini disetiap sekolah dengan bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Semoga para penghafal Al-Qur’an ini nantinya akan membawa Kabupaten Agam menuju agam yang lebih madani, “ajaknya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam yang sudah mengimplementasikan program tahfiz ke dalam silabus untuk seluruh tingkatan satuan pendidikan.

“Target kita untuk taman kanak-kanak adalah selesai Iqra, SD juz ke 30 dan lulus SMP juz ke 1 dan juz ke-30,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam, Isra mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan generasi yang unggul, berprestasi dan berakhlak mulia.

“Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan 1444 H serta memberikan motivasi peserta didik agar senantiasa mencintai Al -Qur’an,” ujarnya.

Dikatakannya, peserta lomba adalah peserta didik jenjang SD dan SMP. Tiap jenjang diwakili 2 orang per kecamatan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan perserta didik lebih memahami Al-Qur’an, tumbuhnya bibit-bibit baru penghafal Al-Qur’an, meningkatnya kompetensi peserta didik bidang keagamaan dan terwujudnya pendidikan unggul untuk semua,”ungkapnya.

Untuk pemenang diberikan penghargaan berupa piala, sertifikat dan tabanas.

Dijelaskan, juara I mendapatkan hadiah sebesar Rp 2.500.000, juara II Rp 2.000.000 dan juara III mendapatkan Rp 1.500.000 
“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,”ujarnya.-
Penulis: Tori

(amc/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media