Masuk Angin Samakah dengan Gangguan Lambung?

by Redaksi
A+A-
Reset
MASUK ANGIN SAMAKAH DENGAN GANGGUAN LAMBUNG?.

Sumbarpro

Masuk angin acapkali disebut ketika tubuh seseorang terasa pegal-pegal dan perut terasa kembung yang katanya disebabkan karena banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh. Dan solusinya adalah dengan kerokan, supaya angin bisa keluar. Bagaimana menurut pandangan medis?

Masuk angin bukan nama penyakit dan juga bukan istilah medis. Gejala yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami masuk angin umumnya adalah demam, menggigil, sakit kepala, batuk, pilek, nyeri otot, nyeri perut, perut kembung, sering sendawa, sering buang angin, dan merasa lemas. Apakah Healthy People pernah mengalami masuk angin?

Sebenarnya masuk angin adalah tanda-tanda akan beberapa penyakit tertentu. Penyebabnya karena imunitas menurun sehingga tubuh mudah terserang beragam penyakit. Ini adalah penyakit yang kerap disebut dengan masuk angin :

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)

Biasanya tubuh terasa pegal-pegal, lalu diikuti dengan batuk, pilek.

Gangguan lambung/pencernaan

Gejala yang umumnya dirasakan adalah demam, menggigil, sakit kepala, batuk, pilek, nyeri otot, nyeri perut, perut kembung, sering sendawa, sering buang angin, dan merasa lemas. Gejala-gejala tersebut, khususnya kembung, juga sering dikatakan sebagai masuk angin.

Kondisi ini sering kali menimbulkan nyeri dada yang disebut angin duduk. Keluhannya bisa berupa nyeri ulu hati atau nyeri dada yang menjalar ke lengan, leher, atau punggung, lemas, sesak napas, hingga pingsan.

Supaya terhindar dari masuk angin, maka jagalah selalu imunitas tubuh dengan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, nutrisi tubuh tercukupi, berolahraga dan bila perlu tambahkan suplemen. Jelas saja kerokan menjadi cara penyelesaian yang tidak tepat, karena kerokan ditujukan untuk kulit, bukan bagian pencernaan atau pernapasan. Bahkan bisa memperburuk kondisi karena dengan kerokan justru pori-pori kulit menjadi terbuka.

Nah, karena ternyata masuk angin bisa jadi adalah gejala penyakit yang cukup serius maka Healthy People harus lebih waspada ya dan segera berkonsultasi ke dokter jika gejala makin memburuk. (ak/*)

Sumber

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media