Menperin Apresiasi Seminar Sawit, Dorong Hilirisasi dan Keberlanjutan Industri | Sumbarpro

Menperin Apresiasi Seminar Sawit, Dorong Hilirisasi dan Keberlanjutan Industri

by Redaksi
A+A-
Reset
Menperin Apresiasi Seminar Sawit, Dorong Hilirisasi dan Keberlanjutan Industri

9

Disaksikan Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Masrokhan menyampaikan laporan.

PADANG – Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, membuka Seminar Sawit bertema “Sawit Generasi Emas: Membangun Masa Depan Berkelanjutan” di Politeknik ATI Padang, Selasa (21/5/2024). Acara ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-50 Politeknik ATI Padang.

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan seminar ini dan berharap Politeknik ATI Padang terus berperan dalam pengembangan SDM industri melalui pendidikan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan sektor agroindustri.

Agus juga menyoroti Visi Indonesia Emas 2045 yang menargetkan Indonesia menjadi salah satu dari lima kekuatan ekonomi dunia. Salah satu strategi utamanya adalah hilirisasi industri, terutama di sektor agro, bahan tambang dan mineral, serta migas dan batubara.

Lebih lanjut, Agus menggarisbawahi pentingnya industri kelapa sawit dalam perekonomian nasional sebagai penghasil devisa dan penyedia lapangan kerja. Data BPS 2023 menunjukkan ekspor produk kelapa sawit menyumbang lebih dari 15 persen dari total ekspor non-migas Indonesia dengan nilai sekitar USD 23 miliar atau lebih dari Rp368 triliun, serta menyerap lebih dari 16 juta tenaga kerja.

Namun, ia menekankan perlunya mengatasi tantangan deforestasi dan kerusakan lingkungan. Agus juga menekankan pentingnya implementasi Kebijakan Industri Hijau untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan mencapai target karbon netral sektor industri pada tahun 2050.

Disamping itu ia juga menyebut, Politeknik ATI Padang, PTKI Medan, dan Politeknik ATI Makassar telah berperan aktif dalam menyiapkan tenaga kerja kompeten untuk hilirisasi industri sawit, didukung oleh beasiswa dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Pada kesempatan tersebut, Dalam kesempatan itu, berlangsung serah terima jabatan Direktur Politeknik ATI Padang dari Dr. Ester Edwar (2020-2024) kepada kepada Dr. Isra Mouludi. S.Kom. M.Kom. (2024-2028). Dalam kegiatan tersebut, juga diisi penyerahan anugerah Ulang Tahun Emas Politeknik ATI Padang.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Masrokhan, dalam laporannya menyampaikan bahwa Industrial Vocational Fair regional Sumatera juga merayakan ulang tahun ke-50 Politeknik ATI Padang dan Pekan Sawit 2024. Kegiatan ini meliputi seminar, temu industri, bazar, job fair, open house, kompetisi sains, dan fun walk, yang diikuti sekitar 1.000 peserta.

Masrokhan menjelaskan bahwa Industrial Vocational Fair 2024 diadakan di empat regional, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, dan Sulawesi.

“Tujuan utamanya adalah mensosialisasikan penerimaan siswa dan mahasiswa baru tahun 2024 serta meningkatkan kesadaran akan pengembangan pendidikan vokasi kepada seluruh pemangku kepentingan,” katanya.

Kemenperin menargetkan peningkatan penerimaan siswa dan mahasiswa sebesar 50 persen dalam dua tahun serta mempersingkat masa tunggu serapan menjadi 3-4 bulan. Agus berharap politeknik ini dapat mencetak tenaga kerja yang kompeten, mandiri, dan berkarakter kuat untuk mendukung industri nasional dan internasional.

“Hilirisasi industri diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri, menarik investasi, menghasilkan devisa, menyerap tenaga kerja, dan mendorong pembangunan ekonomi yang merata,” katanya.

Tak hanya itu, kolaborasi antara pelaku industri, pemerintah, dan perguruan tinggi sangat penting untuk mendorong kemajuan teknologi berkelanjutan di seluruh sektor industri, termasuk kelapa sawit,” tegasnya.

Seminar yang dihadiri sekitar 750 peserta ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, pengalaman, serta solusi inovatif dari para ahli dan praktisi untuk menghadapi tantangan pengembangan industri kelapa sawit. (nda)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media