Pagi Ini, Kemenag Sumbar Ajak Masyarakat Salat Gerhana di Masjid Raya | Sumbarpro

Pagi Ini, Kemenag Sumbar Ajak Masyarakat Salat Gerhana di Masjid Raya

by Redaksi
A+A-
Reset
Pagi Ini, Kemenag Sumbar Ajak Masyarakat Salat Gerhana di Masjid Raya

Padang, Sumbarpro–Gerhana Matahari atau Kusuf as-Syams diprediksi terjadi pada hari ini, 20 April 2023. Untuk wilayah Sumatera Barat akan terjadi sekitar pukul 10.00 wib.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi mengatakan gerhana matahari hibrida terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris.

“Gerhana matahari hibrida terdiri atas dua tipe, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari total,” ungkapnya Kamis (20/4).

Sehubungan dengan adanya peristiwa ini, Helmi mengajak umat Muslim Sumatera Barat melaksanakan Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf di masjid dan musala

“Untuk tingkat  provinsi salat akan dilaksanakan di Mesjid Raya Sumbar, pada hari Kamis 20 April 2023 pukul 10.00 wib. Mari kita ikuti bersama-sama,” ajak Kakanwil.

Dikatakan Kakanwil, salat gerhana ini juga akan dihadiri gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah dan jajaran. Bertindak sebagai imam, Irsad dan khatib Solsafat.

Selain itu, Kakanwil juga mengajak masyarakat Sumatera Barat untuk memperbanyak zikir, tahlil dan tahmid saat terjadi gerhana matahari.

“Ini sebuah peristiwa alam yang lumrah terjadi. Sebagai bentuk rasa syukur mari kita perbanyak zikir dan doa untuk keselamatan bangsa Indonesia,” imbau Helmi.

Tak lupa Helmi juga mengajak jajaran Kankemenag kabupaten kota untuk menggelar salat gerhana di masjid dan musala yang ada di wilayah kerja masing-masing.

Sementara itu, Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Edison mengatakan gerhaha matahari yang terjadi di penghujung ramadan ini bukan gerhana total seperti yang terjadi sebelumnya tetapi gerhana hibrida.

“Gerhana hibrida ini diawali oleh gerhana cincin kemudian diikuti oleh gerhana total dan diakhiri lagi dengan gerhana cincin,” kata Edison menjelaskan.

Setelah salat gerhana kata Edison akan  dilanjutkan dengan pengamatan gerhana matahari bersama tim Kanwil Kemenag Sumbar dan BMKG. Rinarisna

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media