PMB Poltekpar Telah Dibuka, Ini Program Studi Unggulannya

by Redaksi
A+A-
Reset
PMB Poltekpar Telah Dibuka, Ini Program Studi Unggulannya

Sumbarpro

Bagi Sobat Parekraf yang sedang cari kampus, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB). Poltekpar menjadi tempat yang tepat bagi Sobat Parekraf yang ingin menekuni seluk-beluk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) secara mendalam.

Pendaftaran mahasiswa baru Poltekpar Tahun Ajaran (TA) 2023/2024 sudah buka sejak 13 Februari hingga 27 Mei 2023. Ada dua jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa diikuti, yaitu SBM Poltekpar dan Seleksi Mandiri Masuk Poltekpar. 

SBM Poltekpar merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara bersama dan terintegrasi dengan seluruh Poltekpar se-Indonesia. Sementara itu, Seleksi Mandiri Masuk Poltekpar merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh Poltekpar, sesuai tahapan seleksi yang telah ditetapkan.

Enam Poltekpar di Indonesia

Sekadar informasi, Politeknik Pariwisata merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Para mahasiswa dari Poltekpar nantinya akan diarahkan menjadi TourismPreneur, Techno-Preneur dan Socio-Preneur, serta Tourism Techno Sociopreneur Polytechnic. Dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia berkualitas secara merata, saat ini sudah ada enam Poltekpar yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Di antaranya adalah Poltekpar Medan yang akan menjangkau wilayah Sumatera bagian utara, dan Poltekpar Palembang untuk wilayah Sumatera bagian selatan. Sedangkan, untuk wilayah Jawa ada Poltekpar NHI Bandung yang berada di sisi barat dan utara pulau Jawa.

Foto ilustrasi: Salah satu kegiatan perkuliahan di Poltekpar Makassar. (Foto: Poltekpar Makassar)

Program Studi di Poltekpar

Setiap program studi (prodi) di Poltekpar tidak jauh-jauh dari dunia pariwisata, mulai dari perjalanan hingga hospitality. Beberapa prodi yang bisa Sobat Parekraf pilih antara lain: Divisi Kamar, Tata Hidang, Seni Kuliner, Seni Pengolahan Patiseri, Pengelolaan Perhotelan, Pengelolaan Konvensi dan Acara, Usaha Perjalanan Wisata, Destinasi Pariwisata, dan Pengelolaan Usaha Rekreasi.

Uniknya, ada dua Poltekpar yang memiliki program studi spesial dari lainnya. Seperti di Poltekpar NHI Bandung yang memiliki program studi Pengelolaan Usaha Rekreasi, dan Poltekpar Bali memiliki program studi Manajemen Akuntansi Hospitality. 

Menariknya, seluruh kegiatan belajar-mengajar di Poltekpar tidak hanya sekadar belajar materi saja. Namun berkesempatan terjun langsung melihat perkembangan pariwisata di Indonesia. Sehingga, ke depannya menjadi penerus bangsa yang dapat mewujudkan pariwisata berkelanjutan dan berkualitas di Indonesia.

Baca Juga: Poltekpar Indonesia, Gaet Peminat Agar Terus Berkembang 

Alur Pendaftaran Politeknik Pariwisata 2023/2024

Pendaftaran mahasiswa baru di Poltekpar masih dibuka hingga 27 Mei 2023. Nantinya, proses seleksi akan dilaksanakan pada 5-9 Juni 2023. Sebelum terlambat, Sobat Parekraf bisa mulai mengisi formulir dan mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di Politeknik Pariwisata Tahun Ajaran 2023/2024. Begini caranya:

  1. Pendaftaran daring dapat dilakukan secara langsung melalui laman: https://sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id.

  2. Lakukan registrasi dengan mengisi seluruh formulir registrasi yang ada pada menu “Daftar”.

  3. Selanjutnya, pendaftar akan mendapatkan OTP melalui email dengan mengklik “Kirim OTP”.

  4. Isikan kode OTP yang telah dikirim melalui email.

  5. Lanjutkan pengisian formulir hingga akhir, dan klik “Daftar”.

  6. Nantinya, calon peserta akan menerima email yang berisi:

  • Nomor “Virtual Account” untuk melakukan pembayaran, dan

  • Nomor Pendaftaran dan Password untuk Sign In formulir pendaftaran.

  1. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang mengeluarkan Virtual Account.

  2. Setelah melakukan pembayaran, lengkapi data pendaftaran dengan cara login melalui menu “Sign In”, dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Password yang telah dikirimkan melalui email.

  3. Unggah pas foto untuk Kartu Peserta Seleksi (KPS).

  4. Cetak KPS sebagai bukti peserta SBM Poltekpar.  

  5. Setelah sukses mendaftar, pantau laman SBM Poltekpar untuk mengetahui jadwal seleksi dan berbagai informasi penting terbaru. 

Mau cepat dapat kerja? Kuliah di Poltekpar aja!

Baca Juga: Strategi Digital Tourism dalam Menggaet Wisatawan 

Foto Cover: Ilustrasi praktik perkuliahan di Poltekpar Lombok

(ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media