Potensi Wisata Danau di Indonesia bagi Kehidupan dan Sektor Pariwisata | Sumbarpro

Potensi Wisata Danau di Indonesia bagi Kehidupan dan Sektor Pariwisata

by Redaksi
A+A-
Reset
Potensi Wisata Danau di Indonesia bagi Kehidupan dan Sektor Pariwisata

SumbarPro

Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) 2024 pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. Sekadar mengingatkan kembali, World Water Forum merupakan pertemuan internasional terbesar yang membahas isu-isu air secara global, khususnya merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah World Water Forum, pertemuan internasional yang berlangsung selama tujuh hari tersebut menghasilkan Deklarasi Menteri yang dihadiri oleh 106 negara dan 27 organisasi internasional. 

Ada tiga poin utama Deklarasi Menteri yang dibahas, pertama adalah pendirian center of excellence untuk ketahanan air dan iklim. Hal ini ditujukan untuk mengembangkan kapasitas, knowledge sharing, sekaligus pemanfaatan fasilitas yang unggul. Poin kedua adalah mengangkat dan mendorong isu pengelolaan sumber daya air secara terpadu pada pulau-pulau kecil.

Poin yang ketiga dalam Deklarasi Menteri adalah pengusulan Hari Danau Sedunia (World Lake Day). Pengusulan tersebut dilatarbelakangi dengan peran danau yang menjadi sumber pasokan air untuk menghidupi manusia, sekaligus memiliki fungsi sosial dan ekonomi masyarakat. Dengan begitu, diharapkan adanya Hari Danau Sedunia dapat menjadi salah satu kunci penting dalam menjaga kelestarian danau di seluruh dunia.

BACA JUGA: UNESCO-RI Berkomitmen Pertahankan Kelestarian Subak sebagai Warisan Budaya Dunia 

Potensi dan Daya Tarik Danau di Indonesia

Berbicara tentang danau, tentu kurang lengkap kalau kita tidak membahas danau di Indonesia. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, danau di Indonesia juga bisa menjadi daya tarik pariwisata. Menawarkan penampakan alam yang indah serta menyimpan sejarah dan makna mendalam, bukan hal yang mengejutkan jika danau menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. 

Lantas, di mana saja danau-danau terbaik di Indonesia? Berikut beberapa danau yang tersebar di Indonesia, sekaligus potensi dan daya tarik yang ditawarkan:

Foto: Pura Ulun Danu yang berada di tengah Danau Beratan (Shutterstoc/Sergii Figurnyi)

Danau Beratan, Bali

Selama ini mungkin Pembaca mengenal Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki banyak pantai berpasir putih dan indah. Padahal, danau-danau Bali juga punya destinasi wisata unggulan yang tidak kalah menarik, satu di antaranya adalah Danau Beratan di kawasan pegunungan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Danau Beratan menawarkan keindahan Pura Ulun Danu Bratan berlatar belakang pemandangan alam yang saat eksotis. Menariknya lagi, danau yang terkenal dengan keindahan alamnya ini juga menjadi lokasi Festival Budaya Ulun Danu Beratan VI yang dimeriahkan lebih dari 1.200 seniman, pada 17 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 lalu. 

Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata danau yang tidak boleh dilewatkan. Termasuk salah satu danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba merupakan sebuah danau yang terbentuk berasal dari letusan dahsyat Gunung Toba pada puluhan ribu tahun silam.

Menariknya lagi, Danau Toba juga menawarkan keajaiban alam yang luar biasa indah. Berkat keindahannya, tidak mengherankan jika Danau Toba termasuk salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan menjadi langganan tuan rumah event skala internasional. Seperti F1 Powerboat Danau Toba 2024 dan Trail of the Kings (TOTK) Zero Edition. 

BACA JUGA: Fakta Menarik Tentang Pulau Samosir, Punya Ritual yang Unik 

Danau Limboto, Gorontalo

Danau di Indonesia dengan potensi wisata yang memukau berikutnya adalah Danau Limboto. Daya tarik danau terbesar di Gorontalo satu ini adalah posisi Danau Limboto yang terhubung dengan laut, serta menjadi habitat bagi ikan dan burung migran. Kita bisa menyewa perahu untuk berkeliling sambil melihat matahari tenggelam, sekaligus menyaksikan sekelompok burung yang melintasi danau. 

Danau Limboto juga kerap mengadakan festival budaya yang dikenal dengan Festival Pesona Danau Limboto. Masuk dalam rangkaian Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, Festival Pesona Danau Limboto akan berlangsung pada 22-26 Juni 2024.

Danau Melintang, Kalimantan Timur

Danau di Kalimantan Timur ini juga memiliki potensi pariwisata tak kalah menarik. Pasalnya, danau yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara ini memiliki desa wisata yang cukup unik. Namanya Desa Wisata Muara Enggelam, sebuah desa wisata yang berada di tengah-tengah Danau Melintang. Karena lokasinya di tengah danau, rumah-rumah yang ada di kawasan Desa Wisata Muara Enggelam dibangun secara terapung. Bahkan, masyarakat lokal hanya menggunakan perahu sebagai transportasi utama. 

BACA JUGA: Menjelajahi Potensi Desa-Desa Wisata di Sekitar IKN 

Danau Matano, Sulawesi Selatan

Destinasi wisata danau di Indonesia yang tidak kalah menarik dijelajahi adalah Danau Matano. Danau yang berada di Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan ini dinobatkan sebagai salah satu danau terdalam di Asia Tenggara. Sejarah atau proses terbentuknya Danau Matano juga cukup unik. Karena terbentuk dari aktivitas pergerakan lempeng kerak bumi sekitar 2-4 juta tahun silam. Danau ini terkenal dengan air yang sangat jernih, dan menyimpan keindahan bawah air yang menakjubkan, serta dikelilingi pemandangan alam memesona.

Danau Sentani, Papua

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, Danau Sentani memiliki banyak daya tarik yang sayang dilewatkan. Mulai dari danau berlatar belakang pegunungan megah, hingga adanya rumah-rumah tradisional yang terapung di danau yang disebut “Kampung Yoboi”. Di danau ini juga terdapat daya tarik wisata berupa Festival Danau Sentani yang menampilkan berbagai atraksi budaya masyarakat adat Sentani yang sudah dilakukan secara turun-temurun oleh leluhurnya. 

BACA JUGA: 10 UNESCO Global Geopark Indonesia yang Mendunia 

Cover: Danau Matano di Sulawesi Selatan yang menjadi danau terdalam di Asia Tenggara (Shutterstock/Putu Artana)

(ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media