Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Petr Fiala

by Redaksi
A+A-
Reset
Presiden Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Petr Fiala

Jakarta, Sumbarpro

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Ceko Petr Fiala, Selasa (18/04/2023), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dalam pengantarnya, Presiden menekankan bahwa kunjungan PM Ceko ini memiliki nilai strategis bagi kedua negara.

“Kunjungan ini sangat penting, ini adalah kunjungan yang pertama tingkat kepala pemerintahan dari Ceko,” ujarnya.

Presiden juga mengaku senang dapat menyambut kedatangan PM Fiala di Istana Bogor. Pertemuan ini dilakukan usai lawatan Presiden Jokowi dari Hannover, Jerman dan menjelang libur dan cuti bersama dalam rangka Idulfitri di tanah air.

“Pagi tadi saya baru saja tiba dari Hannover, dan mulai besok Indonesia akan libur satu minggu dalam rangka Idulfitri. Tapi saya senang sekali, saya senang sekali pertemuan ini dapat terselenggara,” ujarnya.

Senada dengan Presiden Jokowi, PM Fiala juga menekankan pentingnya kerja sama antara Indonesia dan Ceko.

“Indonesia adalah mitra yang sangat penting untuk Republik Ceko dan juga Uni Eropa,”  ujar PM Fiala.

Pada kesempatan itu, PM Fiala juga menyampaikan apreasiasi atas penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia yang dinilainya berlangsung dengan sukses.

“Saya berharap Indonesia juga sukses dalam keketuaan ASEAN tahun ini,” imbuh PM Fiala.

Selain itu, PM Fiala juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dan upacara penyambutan yang diberikan kepadanya.

“Saya sangat senang dapat mengunjungi negara anda yang indah,” tandas PM Fiala.

Sebagai informasi, pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan kedua pemimpin pada 14 Desember 2022 lalu. Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Brussels, Belgia tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa isu, yaitu kerja sama ekonomi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, dan kerja sama Indo-Pasifik. (FID/ak/*)

Berita Terkait

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media