Tekankan Pentingnya Kolobarasi dalam Mudik Lebaran 2023, Menhub: Pertarungan Berat di Cipali

by Redaksi
A+A-
Reset
Menhub Tekankan Pentingnya Kolaborasi untuk Pastikan Kelancaran Mudik Lebaran 2023

Jakarta, Sumbarpro

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekan pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan penyelengaraan mudik Lebaran 2023 berlangsung dengan lancar dan aman.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat berbincang dengan pemandu siniar Raditya Aviantara di Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet (Podkabs) Episode 12.

“Tolong dong didukung ya, karena tanpa kolaborasi enggak mungkin kita jalan,” ujar Menhub pada Podkabs yang tayang perdana di kanal YouTube dan Spotify Sekretariat Kabinet (Setkab), Sabtu (15/04/2023).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jumlah pemudik di tahun 2023 ini diprediksi meningkat signifikan menjadi 123,8 juta orang dari sebelumnya 85,5 juta pemudik.

Budi menyampaikan, selama penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 ini dirinya akan terjun langsung ke lapangan untuk memantau berbagai titik krusial arus mudik. Budi menyatakan, setidaknya ada tiga titik krusial yang menjadi konsentrasi pemerintah, yaitu Tol Cipali, Pelabuhan Merak, dan Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta.

Saya mestinya tidak mudik ya, karena saya harus jalan. Biasanya pertarungan yang paling berat itu di Cipali. Dua minggu terakhir kami mesti keliling ke Merak, ke daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut Budi mengungkapkan bahwa Kemenhub telah membangun Pos Koordinasi (Posko) Angkutan Lebaran 2023 yang bertujuan untuk mengoordinasikan penyelenggaraan Angkutan Lebaran di seluruh wilayah Indonesia secara terpadu.

“Kita ada posko baru ya, posko komando dengan layar lebar. Dan di situlah komando kita lakukan di situ ya. Nanti masing-masing instansi ada di situ,” ujarnya.

Tak hanya di Jakarta, lanjut Menhub, posko angkutan Lebaran juga dibangun di berbagai daerah di tanah air.

“Jadi poskonya itu bukan Jawa saja, tapi juga ada yang di Papua, ada yang di Maluku, ada yang di Batam, dan sebagainya,” ujarnya.

[Simak juga kisah Menhub Budi Karya Sumadi saat berjuang melawan COVID-19]

Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023
Dilansir dari laman resmi Kemenhub, Pos Koordinasi (Posko) Terpadu Angkutan Lebaran 2023 yang diresmikan oleh Menhub pada Jumat (14/04/2023) akan beroperasi selama 19 hari mulai dari H-8 (14 April 2023) hingga H+9 (2 Mei 2023). Posko ini bertempat di Kantor Kemenhub, Jakarta.

Posko ini memiliki fasilitas command center yang dapat melakukan koordinasi secara daring dengan sejumlah petugas di lapangan dari berbagai daerah, dan memantau pergerakan arus penumpang di simpul-simpul transportasi yaitu di 48 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandara, 51 pelabuhan, 9 daerah operasi (daops) kereta api, dan 4 divisi regional (divre) kereta api, dan juga pergerakan kendaraan di sejumlah jalan nasional (tol maupun nontol).

Sejumlah instansi yang bergabung dalam posko, antara lain, Kemenhub, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan SAR Nasional, PT. Pelni, PT. Angkasa Pura, PT. ASDP Indonesia Ferry, PT. Jasa Marga (Persero), PT. Jasa Raharja, PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), hingga Organisasi Radio Amatir Indonesia.

Sebagai informasi, Podkabs adalah podcast atau siniar resmi Setkab yang berisi banyak obrolan dan diskusi tentang berbagai topik, mulai dari kebijakan pemerintah atau pun isu hangat yang berkembang di masyarakat saat ini. Diskusi dengan berbagai narasumber tersebut dikemas dengan penyampaian yang ringan dan juga santai. Subscribe kanal YouTube dan Spotify Setkab untuk mengetahui setiap episode terbaru Podkabs. (RF/MAY/DND/TGH/ak/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media