Tips Sederhana Agar Kesehatan Jantung Tetap Terjaga

by Redaksi
A+A-
Reset
Tips Sederhana Agar Kesehatan Jantung Tetap Terjaga

Sumbarpro

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian dengan angka yang cukup tinggi. Penyakit jantung bukan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri, virus. Lalu apakah yang menyebabkan seseorang disebut memiliki penyakit jantung?

Tekanan darah adalah salah satu indikator untuk mengetahui kondisi jantung seseorang. Tekanan darah rata-rata orang yang sehat umumnya berada di kisaran 140/90, sedangkan denyut jantung istirahat atau resting heart rate di angka 60-100 denyut per menit (bpm). Jika detak jantung berada di luar kisaran yang disebutkan, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Penyakit jantung di pembuluh darah adalah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini bisa memicu penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Ciri-ciri penyakit jantung ini bisa berbeda pada wanita dan pria. Pada pria berupa nyeri dada, sedangkan pada wanita, ciri-ciri penyakit jantung di pembuluh darah ini adalah rasa tidak nyaman di dada disertai sesak napas, mual, atau kelelahan. Penderita bisa tidak menyadari memiliki masalah jantung, sampai terjadi serangan jantung, angina (nyeri dada akibat jantung coroner), henti jantung, atau gagal jantung.

Seseorang lebih berisiko terkena penyakit jantung secara garis besar dikelompokkan menjadi 2. Yaitu secara genetis dan dikarenakan pola hidup. Kalau secara genetis, memang sulit untuk dihindari, yang bisa dilakukan adalah menjaga supaya risikonya bisa lebih ditekan. Nah, sedangkan penyakit jantung akibat pola hidup inilah yang sebaiknya kita perhatikan supaya jantung tetap terjaga dengan sehat. Berikut adalah pola hidup yang berisiko menimbulkan penyakit jantung:

Jika kamu adalah perokok, sebaiknya segera berhentiJika kamu tidak aktif bergerak, mulailah aktif bergerak dan berolah ragaSuka makanan manis dan berlemak? Kurangi konsumsinya yaTidak suka makan sayur dan buah? Ganti makanan dan minuman manismu dengan buah dan sayur yang kaya seratSering makan junk food? Hindari junk food sebab memiliki kadar garam tinggi yang tidak baik untuk kesehatan jantung.Jangan sampai stress gara-gara kepikiran beragam permasalahan yang kamu alami. Lakukan meditasi dan hobi supaya kamu lebih rileks

Yuk, bagi kamu yang masih merasa punya pola hidup seperti di atas, buruan rubah pola hidup kamu agar memiliki jantung yang sehat dan hidup bahagia bersama orang-orang yang kamu sayangi.

Sumber

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media