Wabup Agam Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran Tercukupi

by Redaksi
A+A-
Reset
Wabup Agam Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran Tercukupi

Agam, Sumbarpro – Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah ikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah secara virtual, di ruang rapat Bupati Agam, Senin (10/4/2023).

Rakor dipimpin Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian ini juga diikuti kementerian/lembaga terkait, Polri, TNI dan seluruh daerah di Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, bahwasanya inflasi nasional Maret 2023 alami penurunan dibanding bulan sebelumnya, dari 5,47 persen menjadi 4,97 persen.

Sepekan terakhir, harga beberapa komoditas pangan yang dipantau secara umum fluktuasi.

Sedangkan menurut Badan Pangan Nasional (BPN), sesuai perhitungannya Januari-Desember 2023, ketersediaan beberapa komoditas pangan strategis aman secara nasional.

“Secara umum ketersediaan komoditas pangan nasional aman sampai lebaran nanti,” ujar Mendagri, Tito Karnavian.

Namun katanya, jangan terlena karena ini secara nasional. Mungkin saja katanya, di daerah ada yang kurang sehingga butuh penanganan.

“Maka kita minta provinsi, kabupaten dan kota tetap melaksanakan pengecekan ketersediaan pangan setiap hari di pasar atau sentra ekonomi lainnya,” pinta Tito.

Menanggapi hal itu, Irwan Fikri Dt Parpatiah selaku Wakil Ketua I TPID Kabupaten Agam mengatakan, ketersediaan pangan di daerah itu sampai lebaran tercukupi.

“Bahkan hingga kini harga komoditas pangan strategis masih stabil,” ujarnya.

TPID Agam katanya, akan tetap melakukan pemantauan terhadap ketersediaan dan harga pangan ini. (amc/*)

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media