Waspada Obesitas pada Anak-Anak!

by Redaksi
A+A-
Reset
Waspada Obesitas Pada Anak-Anak!

Sumbarpro – Melihat si kecil dengan pipi gembul dan badan montok, bikin gemes deh! Meskipun lucu dan menggemaskan, tapi Healthy People sebaiknya tidak membiarkan si kecil kelebihan berat badan yang menyebabkan ia mengalami obesitas, yakni kondisi yang ditandai dengan berat badan berlebih akibat penumpukan lemak di dalam tubuh.

Jika tidak terkontrol, obesitas bisa meningkatkan risiko anak terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan hipertensi. Wah, ngeri ya! Apa sajakah faktor yang memicu anak mengalami obesitas? Beberapa di antaranya adalah:

Mengonsumsi makanan tidak sehat

Beberapa contoh makanan tidak sehat ialah : junk food atau makanan siap saji yang memiliki kandungan lemak yang tinggi, minuman ringan yang mengandung gula tinggi. Anak-anak umumnya menyukai jenis makanan tersebut karena selain rasanya yang kuat juga dikemas dengan  tampilan menarik.

Sesungguhnya bukan faktor keturunan yang menjadi penyebab utama, namun kebiasaan dan pola makan di keluarga tersebutlah yang diturunkan ke generasi selanjutnya.

Saat ini banyak anak yang jarang melakukan aktivitas fisik, hanya berkutat di depan gadget, bermalas-malasan dan tidak pernah berolah raga. Akibatnya kalori yang dikonsumsi tidak sebanding dengan kalori yang terpakai.

Untuk menentukan apakah anak mengalami obesitas, diperlukan pemeriksaan indeks massa tubuh (IMT) yang dihitung berdasarkan berat dan tinggi badan. Konsultasikan ke dokter, jika kamu ingin memastikan apakah si kecil mengalami obesitas.

Obesitas dapat dihindari dengan menjadikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan di dalam keluarga, pastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, batasi waktu menonton televisi atau bermain gadget, ajak ia aktif bergerak, hindari membeli dan menyimpan camilan dengan kandungan natrium, gula, dan kalori tinggi di rumah, sesuaikan porsi makan dengan usia dan kebutuhan.

Anak yang sehat adalah sumber kebahagiaan keluarga. Yuk, mulai dari sekarang ubah kebiasaan di rumah supaya si kecil tidak berisiko terkena penyakit akibat obesitas! (ak/*)

Sumber

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media