Yuk, Menjadi Pahlawan Untuk Kesehatan Keluarga!

by Redaksi
A+A-
Reset
Yuk, Menjadi Pahlawan Untuk Kesehatan Keluarga!

Sumbarpro

Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Semangat luar biasa para pejuang tersebut patut  diteladani dan saat ini Healthy People pun dapat menjadi pahlawan untuk keluarga.

Salah satu di antaranya adalah dengan selalu menjaga kesehatan di dalam lingkungan terdekat yaitu keluarga.

Peran orangtua terutama ibu sangatlah penting. Ibu adalah seorang yang multi tasking, salah satu peran pentingnya adalah sebagai seorang perawat yang harus bisa merawat anaknya sejak masih bayi.

Setelah  hamil dan melahirkan anaknya, ibu juga menyusui, menyiapkan makanan MPASI, dan mengerjakan tugas-tugas lainnya.

Tak hanya itu, ibu juga harus memberikan perlindungan, perhatian, dan kasih sayang yang tulus pada anaknya. Dan yang tidak kalah penting, ibu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan keluarga.

Tidak hanya untuk anak-anak tapi juga seluruh anggota keluarga yang lain.

Dalam hal menjaga kesehatan keluarga, penting bagi Healthy People untuk mengedukasi anggota keluarga yang lain agar selalu memperhatikan hal-hal berikut:

Memilih makanan dengan nutrisi seimbang

Pastikan selalu menyediakan makanan dengan komposisi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan lemak.

Mengonsumsi makanan yang kaya zat gizi merupakan modal awal untuk mendapatkan tubuh yang sehat, memiliki kecukupan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Berolahraga secara teratur

Selain sebagai upaya untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan berat badan ideal, olahraga akan membuat jantung dan paru tetap sehat.

Lakukan olahraga 30 menit secara teratur 3-5 kali dalam seminggu. Lebih seru lagi jika olahraga ramai-ramai bersama keluarga lho.

Tidak perlu bersusah-susah memilih jenis olahraga, cukup dengan berjalan kaki. Itu adalah olahraga yang paling mudah, murah, aman.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Banyak  virus dan kuman di sekitar kita. Sehingga menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi penting.

Salah satu cara mudah dan efektif adalah dengan menanamkan pentingnya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir kepada anak. Terutama sebelum dan sesudah makan, setelah pergi dari luar rumah, setelah keluar dari toilet.

Menjadwalkan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Tujuan dari pemeriksaan kesehatan adalah untuk memastikan fungsi organ-organ tubuh masih baik, serta mendeteksi penyakit sedini mungkin. Sehingga jika memang ada indikasi penyakit tertentu, bisa segera tertangani.

Selain pemeriksaan tubuh, pemeriksaan gigi dan mulut juga tak kalah penting. Disarankan untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut setidaknya enam bulan sekali.

Membangun komunikasi yang sehat

Tidak hanya kesehatan fisik, membangun komunikasi yang sehat akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan psikis keluarga.

Melakukan komunikasi yang intens akan menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain. Keterbukaan akan memupuk rasa jujur, rasa perhatian, dan rasa peduli.

Yuk, Healthy People! Ajak seluruh anggota keluarga menjaga kesehatan fisik dan psikis untuk masa depan yang lebih baik. (ak/*)

Sumber

©2023 – All Right Reserved.
Designed and Published by
PT Sumbarpro Jaya Media